Pengaruh Kualitas Pelayanan Account Representative, Preferensi Risiko Perpajakan, dan Moral Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Makassar Barat) = The Influence of Account Representative Service Quality, Tax Risk Preference, and Tax Morale on Taxpayer Compliance (Case Study at KPP Pratama Makassar Barat)


SULFAHMI, ANDI ALFIYYAH SUCI (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Account Representative, Preferensi Risiko Perpajakan, dan Moral Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Makassar Barat) = The Influence of Account Representative Service Quality, Tax Risk Preference, and Tax Morale on Taxpayer Compliance (Case Study at KPP Pratama Makassar Barat). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A031211074-SKRIPSI-COVER.jpg

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A031211074-SKRIPSI-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (505kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A031211074-SKRIPSI-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A031211074-SKRIPSI-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 16 June 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Account Representative, Preferensi Risiko Perpajakan, dan Moral Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer sebagai sumber datanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 orang yang merupakan Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Makassar Barat. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Account Representative dan moral pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan preferensi risiko perpajakan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Adapun hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Account Representative, preferensi risiko perpajakan, dan moral pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak.

Keyword : Kualitas Pelayanan Account Representative, Preferensi Risiko Perpajakan, Moral Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Account Representative Service Quality, Tax Risk Preference, Tax Morale, Taxpayer Compliance.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:19
Last Modified: 14 Jul 2025 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46947

Actions (login required)

View Item
View Item