Hasyim, Juniar (2023) Redesain Lanskap SMA Negeri 3 Nabire Papua Tengah dengan Konsep Lingkungan Edukasi = Redesign Lsndscape 3 Nabire State High School with Educational Environment Concept. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
G011201070_skripsi_27-02-2024 bab1-2.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of Cover]](/46801/2.hassmallThumbnailVersion/G011201070_skripsi_27-02-2024%20Cover1.jpg)

G011201070_skripsi_27-02-2024 Cover1.jpg
Download (194kB) | Preview
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
G011201070_skripsi_27-02-2024 Dapus.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
G011201070_skripsi_27-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu yang dapat menunjang kenyamanan proses belajar mengajar di sekolah yaitu lingkungan sekolah yang dapat menjadi wadah pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meredesain lanskap sekolah dengan konsep lingkungan edukasi dengan pendekatan desain arsitektur budaya papua yang lebih fungsional, estetik dan dapat menciptakan kenyamanan bagi pengguna tapak. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei dengan metode analisis deskriptif. Tahapan penelitian dimulai dengan melakukan persiapan awal, inventarisasi, analisis, sintesis, perencanaan dan perancangan. Adapun konsep pengembangan tapak ini terdiri atas konsep tata ruang, konsep tata hijau, konsep sirkulasi, dan konsep fasilitas utilitas. Konsep tata ruang terbagi menjadi beberapa area diantaranya area taman, area edukasi dan area publik. Konsep tata hijau terdiri dari beberapa vegetasi diantaranya vegetasi fungsi produksi, vegetasi tanaman obat keluarga, vegetasi peneduh, vegetasi pengarah, vegetasi tanaman estetika, vegetasi tanaman penyerap polutan dan vegetasi tanaman penutup tanah. Konsep sirkulasi terbagi menjadi dua sirkulasi pejalan kaki dan sirkulasi kendaraan. Adapun konsep fasilitas dan utilitas yaitu gazebo berbentuk rumah adat papua (honai), pot bunga dengan berbagai bentuk salah satunya berbentuk alat musik khas papua yaitu tifa, papan informasi, green house dan rumah kompos, rumah hidroponik, tempat sampah, lapangan olahraga, tempat duduk, tempat penjemputan, pergola, gapura, ruang OSIS, pos satpam dan parkiran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Lingkungan edukasi, Redesain, SMA Negeri 3 Nabire |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agroteknologi |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:37 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46801 |