ANNISA, YUSRIN (2025) STUDI PERAN MARKETPLACE SHOPEE DALAM MENDUKUNG TRANSFORMASI DIGITAL UMKM = STUDY ON THE ROLE OF SHOPEE MARKETPLACE IN SUPPORTING DIGITAL TRANSFORMATION FOR MSMEs. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232095-TESIS-COVER.jpg
Download (7kB)
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232095-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (628kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232095-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232095-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 June 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran marketplace Shopee dalam mendukung transformasi digital UMKM dalam bentuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan mendukung aspek pemasaran dan branding. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Populasi ialah pelaku UMKM Jawa Barat yang bergerak di bidang fashion dan telah memiliki online store dan menjadi mitra Shopee Mall Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara (interview). Data dianalisis menggunakan analysis interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketplace Shopee sebagai e-commerce sangat berperan dalam mendukung transformasi digital sehingga mampu meningkatkan profit UMKM. Perkembangan ekonomi digital mampu menciptakan marketplace Shopee sebagai situs jual-beli online yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM. Hal itu menjadikan pelaku UMKM dapat meningkatkan profitnya dengan memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee. Namun, selain menawarkan berbagai akses dan kemudahan, tentunya Shopee juga masih perlu terus melakukan perbaikan dan inovasi agar tetap bersaing di tengah ramainya platform jual-beli online saat ini. Perbaikan dan inovasi tersebut berguna agar, baik penjual maupun pembeli tetap menggunakan Shopee, khususnya mempertahankan UMKM untuk tetap menggunakan Shopee sebagai media promosi mereka.
Keyword : Shopee, transformasi digital, UMKM
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shopee, Digital Transformation, MSMEs. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46778 |