DAFIT, MUHAMMAD (2025) PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI CITRA MEREK DAN KESADARAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA INDUSTRI MAKANAN ORGANIK DI KOTA PALOPO = THE EFFECT OF GREEN MARKETING ON CONSUMER LOYALTY THROUGH BRAND IMAGE AND CONSUMER AWARENESS AS MODERATING VARIABLES IN THE ORGANIC FOOD INDUSTRY ORGANIC FOOD INDUSTRY IN PALOPO CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46768/1.hassmallThumbnailVersion/A012232027-TESIS-COVER.jpg)

A012232027-TESIS-COVER.jpg
Download (152kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232027-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232027-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A012232027-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 4 June 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Muhammad Dafit. Peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran berkelanjutan, salah satunya adalah green marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing terhadap loyalitas konsumen pada industri makanan organik di Kota Palopo, dengan mempertimbangkan peran citra merek sebagai variabel mediasi dan kesadaran konsumen terhadap keberlanjutan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 150 responden yang merupakan konsumen makanan organik di Kota Palopo. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Citra merek berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara green marketing dan loyalitas konsumen, yang berarti semakin kuat citra merek, semakin besar dampak green marketing terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, kesadaran konsumen terhadap keberlanjutan memperkuat hubungan antara green marketing dan loyalitas konsumen, sehingga konsumen dengan kesadaran lingkungan yang tinggi lebih cenderung setia terhadap merek yang menerapkan green marketing. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam memahami peran green marketing dalam industri makanan organik serta implikasi praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Kata Kunci: Green Marketing, Loyalitas Konsumen, Citra Merek, Kesadaran Konsumen, Industri Makanan Organik
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dreen Marketing, Cansumer Loyalty, Brand Image, Consumer Awareness, Organic food Industry. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 05:58 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:58 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46768 |