Amandari, A. Erasiah Bugi (2023) FENOMENA FLEXING HARTA DI KALANGAN MAHASISWA MELALUI MEDIA SOSIAL DI FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK UNIVERSITAS HASANUDDIN = THE PHENOMENON OF FLEXING ASSETS AMONG STUDENTS THROUGH SOCIAL MEDIA AT THE FACULTY OF SOCIAL SCIENCES AND POLITICAL SCIENCES HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of E031191047_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg]](/46729/1.hassmallThumbnailVersion/E031191047_skripsi_28-02-2024%20Cover1.jpg)

E031191047_skripsi_28-02-2024 Cover1.jpg
Download (256kB) | Preview
![[thumbnail of E031191047_skripsi_28-02-2024 bab1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191047_skripsi_28-02-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E031191047_skripsi_28-02-2024 Dapus.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191047_skripsi_28-02-2024 Dapus.pdf
Download (972kB)
![[thumbnail of E031191047_skripsi_28-02-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E031191047_skripsi_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena flexing harta di kalangan mahasiswa melalui media sosial di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan strategi penelitian menggunakan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil beberapa dari Mahasiswa Universitas Hasanuddin dari berbagai prodi di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling yang memenuhi karakteristik perilaku flexing harta.
Hasil dari Penelitian ini menemukan bahwa Media sosial yakni Whatsapp, Facebook dan Instagram sebagai konsumsi keseharian dapat dielaborasi dengan melihat dari berbagai perspektif yang dikemukakan oleh para ahli terutama Guy Debord tentang masyarakat tontonan, substansi yang dikemukakan bahwa masyarakat tontonan merupakan manusia yang menjadikan manusia lain dan manusia itu sendiri sebagai tontonan dalam memaknai kebutuhan disekitar mereka.
Gejala-gejala ini merepresentasikan realitas sosial terhadap kegilaan gaya hidup serta benturan identitas sosial yang menjadi praktek budaya masyarakat, Dimana citra mahasiswa dan penanda dalam stratifikasi sosial direproduksi sebagai aktualisasi oleh setiap individu. Fenomena flexing harta yang ditampakkan di masyarakat modern kini mengalami pergeseran pola perilaku seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam ruang lingkup kehidupan sosial. Kultural konsumsi telah mampu mengendalikan pikiran khalayak tanpa orang-orang sadari. Maka dari itu, mahasiswa sebagai makhluk rasional, hasrat akan konsumsi harus dikontrol. Kebutuhan dan keinginan harus ditempatkan pada proporsi yang ideal secara rasional. Utamanya dalam peranan-nya sebagai mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flexing, Harta, Mahasiswa, Media Sosial. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:03 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46729 |