RAMADANI, A. AQILA ZIMA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS JA & JOY NIPAH PARK MAKASSAR = BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY JA & JOY NIPAH PARK MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46711/1.hassmallThumbnailVersion/A012231076-TESIS-COVER.jpg)

A012231076-TESIS-COVER.jpg
Download (293kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A012231076-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (497kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A012231076-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A012231076-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal, serta merumuskan rekomendasi strategi pengembangan bisnis yang sesuai untuk Ja & Joy dalam menghadapi persaingan di industri food court. Data dianalisis melalui faktor internal yang mencakup analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan marketing mix, serta faktor eksternal dengan menggunakan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi) dan model Porter’s Five Forces. Hasil penelitian ini faktor internal yang mempengaruhi strategi pengembangan bisnis Ja & Joy meliputi kekuatan seperti variasi produk, lokasi strategis, pemanfaatan media sosial, sumber daya manusia yang kompeten, proses pelayanan yang jelas, dan lingkungan fisik yang menarik. Kelemahan internal yang teridentifikasi mencakup keterbatasan aksesibilitas lokasi, kurangnya promosi digital, dan fasilitas layanan konsumen yang minim. Faktor eksternal yang berpengaruh terdiri dari peluang seperti kebijakan pemerintah, pertumbuhan ekonomi, inflasi yang terkendali, peningkatan jumlah penduduk, perubahan gaya hidup, dan perkembangan teknologi, serta ancaman yang meliputi persaingan ketat, ancaman pendatang baru, dan produk pengganti. Strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan mencakup pemanfaatan variasi produk dan promosi khusus untuk menarik pelanggan, serta penggunaan media sosial dan teknologi untuk meningkatkan visibilitas dan efisiensi transaksi. Pelaksanaan strategi ini diharapkan dapat memperkuat kehadiran merek Ja & Joy dan meningkatkan interaksi serta kepuasan pelanggan.
Keyword : Strategi Pengembangan Bisnis, Analisis SWOT, Ja & Joy
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Development Strategy, SWOT Analysis, Ja & Joy. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:01 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:01 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46711 |