STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KAFE BEHIND STUDI KASUS WILAYAH RACING MAKASSAR = STRATEGY FOR IMPROVING THE COMPETITIVENESS OF COFFEE BUSINESSES BEHIND A CASE STUDY OF THE RACING AREA IN MAKASSAR


LUKMAN, MUHAMAD WIRASATYA PUTRA (2025) STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KAFE BEHIND STUDI KASUS WILAYAH RACING MAKASSAR = STRATEGY FOR IMPROVING THE COMPETITIVENESS OF COFFEE BUSINESSES BEHIND A CASE STUDY OF THE RACING AREA IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012231046-TESIS-COVER.png

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012231046-TESIS-BAB 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (843kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012231046-TESIS-DAPUS(FILEminimizer).pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012231046-TESIS-FULL TEXT(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muhamad Wirasatya Putra Lukman, Musran Munizu, dan Wardhani Hakim STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KAFE BEHIND STUDI KASUS WILAYAH RACING MAKASSAR Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan strategi pengembangan pada Cafe Behind, menggunakan metode analisis SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Perspektif Balanced Scorecard, dan model SMART (Service, Menu, Availability, Reliability, dan Technology). Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja kafe serta merumuskan strategi yang paling efektif untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang. Metode SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi kafe, sementara QSPM diterapkan untuk menentukan prioritas strategi berdasarkan bobot dan skor yang diberikan pada faktor-faktor strategis. Perspektif Balanced Scorecard digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan, pelanggan, proses internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan, dengan tujuan untuk memastikan keseimbangan dalam pencapaian berbagai aspek organisasi. Model SMART diterapkan untuk mengukur kinerja dalam aspek pelayanan, menu, ketersediaan, keandalan, dan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inovasi produk mendapatkan skor tertinggi (3.75) pada matriks QSPM, yang menunjukkan bahwa diversifikasi produk adalah strategi paling efektif. Strategi ekspansi pasar (skor 3.6) dan peningkatan kepuasan pelanggan (skor 3.25) juga menunjukkan dampak positif, meskipun memiliki prioritas yang sedikit lebih rendah. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan daya saing, Cafe Behind perlu fokus pada inovasi produk dan ekspansi pasar sebagai langkah strategis utama untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di pasar yang kompetitif. Kata Kunci : Kafe, Strategi, SWOT, Inovasi dan Ekspansi.

Keyword : Kafe, Strategi, SWOT, Inovasi dan Ekspansi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Cafe, Strategy, SWOT, Innovation, and Expansion.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:10
Last Modified: 09 Jul 2025 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46690

Actions (login required)

View Item
View Item