STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN TANA TORAJA DALAM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN PASCA PANDEMI COVID-19 = MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF TOURISMDEPARTMENT OFFICE TANA TORAJA REGENCY IN RECOVERY THE TOURISM SECTOR TO INCREASE THENUMBER OF TOURISTS AFTER THE COVID-19 PANDEMIC


Lassa, Muhammad Amin (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN TANA TORAJA DALAM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN PASCA PANDEMI COVID-19 = MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF TOURISMDEPARTMENT OFFICE TANA TORAJA REGENCY IN RECOVERY THE TOURISM SECTOR TO INCREASE THENUMBER OF TOURISTS AFTER THE COVID-19 PANDEMIC. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022211018_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211018_tesis_28-02-2024 bab1-2.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211018_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
E022211018_tesis_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUHAMMAD AMIN LASSA. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja dalam Pemulihan Sektor Pariwisata Untuk Meningkatkan Jumlah Wisatawan Pasca Pandemi Covid-19), (dibimbing oleh M. Iqbal Sultan dan Mursalim)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja dalam pemulihan sektor pariwisata pasca pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aktivitas Dinas Pariwisata kabupaten Tana Toraja dalam penerapan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Proses pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Faktor yang meningkatkan jumlah wisatawan adalah objek wisata yang menarik dengan ciri khas kearifan lokal kabupaten tana toraja, event berbasis kebudayaan dan upacara adat yang masih dilestarikan pada acara suka cita maupun duka cita. Sedangkan faktor penurunan jumlah kunjungan wisatawan adalah covid-19 dan aksesibilitas yang masih terbatas di beberapa objek wisata baru. (2) Terdapat 5 Pihak yang terlibat dalam komunikasi pemasaran pariwisata ini yaitu pemerintah, akademisi, pelaku usaha/bisnis, komunitas atau organisasi serta media. Kelima stakeholder ini memiliki tujuan yang sama dalam pengembangan pariwisata serta berkontribusi secara aktif dalam proses pengembangan sektor pariwisata diantaranya. Kolaborasi pentahelix juga bertujuan untuk memberdayakan otoritas lokal dan regional untuk menemukan pendekatan inovatif dalam mengembangkan, membiayai, mengimplementasikan dan meningkatkan energi berkelanjutan serta rencana aksi. (3) Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Toraja adalah bauran komunikasi pemasaran (Promotion Mix) diantara melalui periklanan (Advertising), Penjualan tatap muka (Personal Selling), Pemasaran langsung (Direct Marketing) dan Penjualan dari mulut ke mulut (Word of Mouth).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Tana Toraja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:56
Last Modified: 11 Jul 2025 06:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46549

Actions (login required)

View Item
View Item