MODEL PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI BAGI KOMUTER PERJALANAN ANTAR KOTA/KAB. RUTE BARRU-MAKASSAR TERHADAP RENCANA OPERASI KERETA API JALUR MAROS-BARRU = MODEL CHOICE OF MODE OF TRANSPORTATION FOR COMMUTERS TRAVELING BETWEEN CITIES/DISTRICTS FOR THE BARRU-MAKASSAR ROUTE AGAINTS THE PLANNED OPERATION OF THE MAROS-BARRU RAILROAD


Iskandar, Muhammad Fadly (2023) MODEL PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI BAGI KOMUTER PERJALANAN ANTAR KOTA/KAB. RUTE BARRU-MAKASSAR TERHADAP RENCANA OPERASI KERETA API JALUR MAROS-BARRU = MODEL CHOICE OF MODE OF TRANSPORTATION FOR COMMUTERS TRAVELING BETWEEN CITIES/DISTRICTS FOR THE BARRU-MAKASSAR ROUTE AGAINTS THE PLANNED OPERATION OF THE MAROS-BARRU RAILROAD. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012201010_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D012201010_tesis_28-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012201010_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
D012201010_tesis_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 November 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi pilihan moda oleh penumpang perjalanan dan menilai kemungkinan perpindahan moda ketika biaya dan waktu perjalanan berubah. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara terhadap 550 responden. Analisis data menggunakan metode conditional logit model aplikasi STATA untuk mengetahui variabel-variabel yang berpengaruh signifikan terhadap pemilihan moda (p <|z| ≤ 0,05) dan persentase perpindahan moda ketika biaya dan waktu perjalanan berubah. Variabel dalam penelitian ini adalah umur, pendapatan, pengeluaran, frekuensi perjalanan, tujuan, biaya, dan waktu perjalanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya dan waktu perjalanan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan moda transportasi komuter. Hasil uji sensitivitas, 55,21% responden laki-laki memilih kereta api. Kemudian pada saat biaya perjalanan diturunkan sebesar 1000 rupiah, pilihan kereta api meningkat menjadi 68,55%, dan ketika waktu tempuh dikurangi 15 menit, pemilihan kereta api meningkat sebesar 90,02%. Sedangkan responden perempuan sebanyak 48,56% memutuskan naik kereta api, kemudian ketika harga turun sebesar 1000 rupiah, pilihan kereta api meningkat menjadi 57,45%, dan ketika waktu tempuh berkurang 15 menit, pilihan kereta api meningkat menjadi 87,69% .

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Moda, Model Conditional Logit, Probabilitas, Kereta Api
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 11 Jul 2025 05:52
Last Modified: 11 Jul 2025 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46524

Actions (login required)

View Item
View Item