PERAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP HUBUNGAN KOMPETENSI SDM DENGAN KINERJA USAHA (STUDI PADA UMKM DI KOTA MAKASSAR) = THE ROLE OF THE USE OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON RELATIONSHIP BETWEEN HUMAN RESOURCES (HR) COMPETENCY ADN BUSINESS PERFORMANCE (A STUDY ON MSMEs IN MAKASSAR CITY)


ALAM, ANDI RIFQAH PURNAMA (2023) PERAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP HUBUNGAN KOMPETENSI SDM DENGAN KINERJA USAHA (STUDI PADA UMKM DI KOTA MAKASSAR) = THE ROLE OF THE USE OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON RELATIONSHIP BETWEEN HUMAN RESOURCES (HR) COMPETENCY ADN BUSINESS PERFORMANCE (A STUDY ON MSMEs IN MAKASSAR CITY). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A033202010_disertasi_21-02-2024 Cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A033202010_disertasi_21-02-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf

Download (857kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A033202010_disertasi_21-02-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A033202010_disertasi_21-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran penggunaan sosial media marketing dengan pendekatan teori Technology Acceptance Model terhadap hubungan kompetensi SDM dengan Kinerja Usaha pada UMKM di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar dengan 214 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode statistik Structural Equation Model (SEM) pada program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pada pengaruh langsung bahwa kompetensi SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness,Perceived Ease Of Use, dan Kinerja Usaha, Perceived Ease of Use berpengaruh positif signifikan serta Behavioural intention to use berpengaruh positif signifikan pada kinerja usaha. sedangkan terdapat hubungan positif tidak signifikan pada Kompetensi SDM terhadap Behavioural Intention To Use, dan terdapat pengaruh yang tidak signifikan juga pada perceived usefulness terhadap Behavioural intention to use. Pengaruh tidak langsung Kompetensi SDM terhadap Behavioural Intention to use melalui Perceived Usefullness ditemukan hubungan yang tidak signifikan, tetapi ketika Kompetensi SDM dimediasi melibatkan kesemua variabel mulai Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intention ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap KInerja Usaha Originality/value: artikel ini fokus pada Hubungan Kompetensi SDM dengan Kinerja Usaha dengan Menggunakan sosial Media Marketing pada UMKM di Kota Makassar.

Keyword : Kompetensi SDM, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Behavioural Intention To Use, Kinerja Usaha

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi SDM, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Behavioural Intention To Use, Kinerja Usaha
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 11 Jul 2025 00:20
Last Modified: 11 Jul 2025 00:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46481

Actions (login required)

View Item
View Item