TIPOLOGI DAN BUDAYA NEGARA: STUDI MARKET SHARE BANK SYARIAH DI ASEAN DAN MENA = Typology of Countries and Market Share: A Study on Islamic Banks in ASEAN and MENA


FRIHATNI, ANDI AYU (2024) TIPOLOGI DAN BUDAYA NEGARA: STUDI MARKET SHARE BANK SYARIAH DI ASEAN DAN MENA = Typology of Countries and Market Share: A Study on Islamic Banks in ASEAN and MENA. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A023202001_disertasi_01-03-2024 Cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A023202001_disertasi_01-03-2024 bab1-2(FILEminimizer).pdf

Download (767kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A023202001_disertasi_01-03-2024 Dapus(FILEminimizer).pdf

Download (580kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A023202001_disertasi_01-03-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh resiliensi bank syariah di MENA dan ASEAN. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji independen sample t test, dan uji one way anova. Sampel penelitian adalah perbankan syariah yang terdaftar di Worldbank dengan unit analisisnya adalah negara MENA dan ASEAN. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi linear berganda yaitu: 1) Daya saing dan risiko pembiayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap market share bank syariah, sedangkan kapitalisasi dan ukuran (size) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap market share bank syariah. 2) Produk domestik bruto (PDB), Income per kapita, dan nilai tukar berpengaruh secara signifikan terhadap market share bank syariah, sedangkan suku bunga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap market share bank syariah. 3) Populasi, regulasi dan budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap market share bank syariah. Uji Independen sample t test yaitu: bentuk - bentuk negara dan fatwa terdapat perbedaan signifikan dalam market share, sedangkan uji one way anova menunjukkan bahwa mazhab tidak terdapat perbedaan signifikan dalam market share bank syariah. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kapitalisasi dan ukuran (size) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap market share bank syariah hal tersebut disebabkan oleh faktor-faktor lain yang lebih dominan dalam menentukan daya saing dan preferensi nasabah. 2) suku bunga tidak signifikan terhadap market share bank syariah dapat menunjukkan bahwa nasabah dalam pembiayaan syariah lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor kepatuhan syariah, kualitas layanan, atau keunggulan produk. 3) tidak terdapat perbedaan signifikan dalam market share bank syariah antar mazhab menunjukkan bahwa preferensi nasabah tidak secara signifikan dipengaruhi oleh perbedaan teologis. Implikasi dari temuan penelitian adalah: 1) perlunya fokus pada aspek-aspek seperti efisiensi operasional, inovasi produk, dan strategi pemasaran sebagai pendorong pertumbuhan market share bank syariah; 2) perlunya pengembangan strategi yang lebih berfokus pada elemen-elemen tersebut untuk meningkatkan daya tarik dan pertumbuhan market share bank syariah; 3) bank syariah dapat lebih memusatkan upaya pada penyediaan layanan dan produk yang memenuhi kebutuhan umum nasabah syariah, tanpa harus mempertimbangkan perbedaan mazhab secara signifikan dalam strategi pemasaran atau produk perbankan.

Keyword : Daya Saing, Kapitalisasi, Resiko Pembiayaan, Size, PDB, Income Percapita, Suku Bunga, Nilai Tukar, Bentuk-Bentuk Negara, Populasi, Mazhab, Fatwa, Regulasi, Budaya, Market Share

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Competitiveness, Capitalization, Financing Risk, Size, GDP, Income Percapita, Interest Rate, Exchange Rate, Country Forms, Population, Mazhab, Fatwa, Regulation, Culture, Market Share.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Akuntasi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:32
Last Modified: 10 Jul 2025 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46403

Actions (login required)

View Item
View Item