PENGARUH TEKANAN KOMPETITOR DAN TEKANAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DIMEDIASI SOSIAL MEDIA MARKETING DAN PENGUATAN NILAI JARINGAN BISNIS PADA INDUSTRI UKM KULINER DI MAKASAR THE INFLUENCE OF COMPETITOR PRESSURE AND CONSUMER PRESSURE ON MARKETING PERFORMANCE MEDIATED BY SOCIAL MEDIA MARKETING AND BUSINESS NETWORK VALUE ACCENTUATION IN THE CULINARY SME INDUSTRY IN MAKASSAR


Galib, Mukhtar (2023) PENGARUH TEKANAN KOMPETITOR DAN TEKANAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DIMEDIASI SOSIAL MEDIA MARKETING DAN PENGUATAN NILAI JARINGAN BISNIS PADA INDUSTRI UKM KULINER DI MAKASAR THE INFLUENCE OF COMPETITOR PRESSURE AND CONSUMER PRESSURE ON MARKETING PERFORMANCE MEDIATED BY SOCIAL MEDIA MARKETING AND BUSINESS NETWORK VALUE ACCENTUATION IN THE CULINARY SME INDUSTRY IN MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A013191004_disertasi_29-02-2024 Cover1.jpg

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A013191004_disertasi_29-02-2024 bab1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
A013191004_disertasi_29-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
A013191004_disertasi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

MUKHTAR GALIB : Pengaruh Tekanan Kompetitor dan Tekanan Konsumen Terhadap Kinerja Pemasaran Dimediasi Sosial Media Marketing dan Penguatan Nilai Jaringan Bisnis Pada Industri UKM Kuliner di Makasar (dibimbing oleh Siti Haerani, Djumidah Maming, Abdul Razak Munir)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model teoritis dan empiris guna menganalisis nilai tambah kinerja pemasaran pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sektor kuliner, berdasarkan teori Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini dilakukan melibatkan 140 pelaku UKM kuliner di kota Makassar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis SmartPLS untuk mendapatkan hasil yang akurat dan bermakna
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks industri UKM kuliner di Makassar, tekanan kompetitor tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penguatan nilai jaringan bisnis. Selain itu, temuan juga menunjukkan bahwa tekanan kompetitor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Namun, penelitian menemukan bahwa melalui mediasi sosial media marketing, tekanan kompetitor dapat memiliki dampak yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Lebih lanjut, penguatan nilai jaringan bisnis tidak mampu memediasi pengaruh tekanan kompetitor terhadap kinerja pemasaran UKM kuliner di Makassar.
Temuan ini mengungkapkan kompleksitas interaksi antara tekanan eksternal yang dihadapi oleh bisnis, seperti persaingan dan tuntutan konsumen, dengan peran strategi pemasaran digital dan kekuatan jaringan bisnis dalam membentuk hasil pemasaran yang optimal. Dengan memahami dan memanfaatkan potensi yang terkandung dalam Sosial Media Marketing serta efektif dalam memperkuat nilai jaringan bisnis, organisasi yang beroperasi di industri UMKM kuliner di Makassar mampu meningkatkan kinerja pemasaran mereka dan menghadapi persaingan dengan lebih efektif. Melalui pendekatan ini, diharapkan dapat tercipta pertumbuhan yang berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang bagi para pelaku usaha dalam industri tersebut..
Kata Kunci : Tekanan Kompetitor, Tekanan Konsumen, Sosial Media Marketing, Penguatan Nilai Jaringan Bisnis, dan Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Tekanan Kompetitor, Tekanan Konsumen, Sosial Media Marketing, Penguatan Nilai Jaringan Bisnis, dan Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 10 Jul 2025 00:33
Last Modified: 10 Jul 2025 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46261

Actions (login required)

View Item
View Item