Syauqina, Layla Nurdiva (2024) Konsep Perencanaan Kawasan Ramah Pejalan Kaki di Kawasan Panakkukang Kota Makassar = Concept of Planning a Pedestrian-Friendly Area in the Panakkukang Interchange Transport Area, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/46082/1.hassmallThumbnailVersion/D101191012_skripsi_04-04-2024%20cover1.png)

D101191012_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (164kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D101191012_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D101191012_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (583kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D101191012_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 9 May 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Kawasan Panakkukang belum memiliki jalur pejalan kaki yang layak digunakan untuk berjalan kaki. Kondisi yang ada saat ini jalur pejalan tidak menerus, menggunakan material tidak aman bagi pejalan kaki atau bahkan belum tersedia. Sehingga sering kali pejalan kaki harus berjalan pada ruang lalu lintas kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini antara lain; 1) mengidentifikasi ketersediaan dan pemanfaatan jalur pejalan kaki; 2) menganalisis pergerakan pejalan kaki dalam konektivitas simpul; 3) untuk menyusun konsep perencanaan kawasan ramah pejalan kaki di Kawasan Panakkukang Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan yaitu sejak bulan Desember 2022 hingga Juni 2023. Lokasi penelitian ditetapkan di kawasan sekitar Kawasan Panakkukang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Sumber data yang digunakan data primer berupa ketersediaan dan pemanfaatan jalur pejalan kaki, serta titik asal-tujuan pejalan kaki dan data sekunder berupa fungsi lahan, teori dan NSPK yang mendukung kawasan ramah pejalan kaki. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, analisis MAT, analisis spasial (desire line), dan analisis pendekatan perencanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan dan pemanfaatan jalur pejalan kaki di Kawasan Panakkukang menunjukkan bahwa jalur pejalan kaki hanya tersedia di beberapa bagian segmen I, II dan V sementara sebagian besar area tidak memiliki jalur pejalan kaki yang lengkap. Pergerakan pejalan kaki dalam konektivitas simpul menunjukkan bahwa pergerakan pejalan kaki didominasi di segmen I dengan aktivitas di Mall Panakkukang dan Panakkukang Square. Meski pelayanan jalur pejalan kaki pada Segmen I, II, dan V tergolong baik, jalur pejalan kaki pada wilayah penelitian dalam radius pelayanan simpul 500m belum melayani aktivitas pejalan kaki. Sehingga aktivitas perpindahan moda yang dilakukan oleh pejalan kaki belum didukung oleh kontinuitas jalur pejalan kaki. Konsep perencanaan yang diberikan menggunakan konsep complete streets berupa pengembangan jalur yang menerus dan terhubung dengan fasilitas penyeberangan, pemasangan rambu dan marka jalan, pengendalian kecepatan kendaraan, peningkatan fasilitas penunjang, termasuk tempat duduk, tempat sampah, pencahayaan, dan penanaman pohon. Selain itu, perlu diperhatikan juga aksesibilitas bagi individu dengan kebutuhan khusus melalui pembangunan jalur khusus yang ramah difabel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedestrian Friendly, Pedestrians, Interchange Transport. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 05:35 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 05:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46082 |