Desain Sistem Jaringan Kelistrikan pada Kapal Wisata Pinisi = Design of the Electrical Network System on the Pinisi Tourism Ship


Huseng, Farihah (2024) Desain Sistem Jaringan Kelistrikan pada Kapal Wisata Pinisi = Design of the Electrical Network System on the Pinisi Tourism Ship. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091191035_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091191035_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091191035_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091191035_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal pinisi adalah kapal tradisional Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan mesin atau layar. Pembuatannya masih menggunakan teknik tradisional. Kapal Pinisi telah digunakan selama berabad-abad untuk perikanan, perdagangan, transportasi, dan layanan wisata. Meskipun telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia, sistem kelistrikan kapal pinisi masih sederhana. Sistem kelistrikan kapal sangat penting untuk operasional peralatan. Perencanaan sistem kelistrikan harus mempertimbangkan kondisi operasi kapal untuk menjaga kontinuitas tenaga listrik. Oleh karena itu, perencanaan sistem kelistrikan yang memadai diperlukan, dengan ETAP Power Station sebagai solusi komprehensif untuk desain, simulasi, dan analisis sistem tenaga listrik. Software ETAP digunakan untuk mendesain sistem jaringan kelistrikan dalam bentuk single line diagram yang optimal pada kapal wisata pinisi dengan mensimulasikan dan menganalisis pengaruh beban terhadap tegangan, arus, temperatur kabel, serta dampak dari short circuit (hubung singkat) sistem jaringan kelistrikan. Sistem jaringan kelistrikan didesain berdasarkan data hasil observasi dan wawancara yang kemudian dimodelkan menggunakan software ETAP agar dapat disimulasikan. Dari hasil simulasi raceways didapatkan bahwa penentuan kabel pada masing-masing pembebanan telah memenuhi kriteria penentuan kabel kecuali pada kondisi full load. Pada kondisi full load, terjadi overcurrent dan overheat pada beberapa kabel, diantaranya pada cable ID 1, 12, 22, 16, 17, 30, dan 41. Dan hasil simulasi short circuit mengakibatkan peningkatan arus yang sangat tinggi, berkisar 508 – 1147 A pada semua kondisi pembebanan. Ketika terjadi short circuit pada guest room 1 dan spare load chiller, terjadi penurunan nilai tegangan yang berbeda di setiap fasanya. Sedangkan ketika terjadi short circuit pada GS Pump/Fire Pump, nilai tegangan di ketiga fasanya turun hinggal di bawah 30 volt.

Keyword : Jaringan Kelistrikan, Tegangan, Arus, Temperatur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electical Network, Voltage, Current, Temperature.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:40
Last Modified: 07 Jul 2025 01:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46036

Actions (login required)

View Item
View Item