Analisis Tegangan Instalasi Pipa Pelumas Pada Kapal = Stress Analysis Of Lubricant Pipe Installation On a Ship


YUSUF, MUHAMMAD (2023) Analisis Tegangan Instalasi Pipa Pelumas Pada Kapal = Stress Analysis Of Lubricant Pipe Installation On a Ship. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091181318_skripsi_28-02-2024 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091181318_skripsi_28-02-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (975kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091181318_skripsi_28-02-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091181318_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kapal memiliki sistem instalasi pipa pelumas yang sangat penting untuk menjamin stabilitas dikapal. Suatu beban akan tercipta oleh fluida yang melewati sistem pipa pelumasan. Akibatnya, ada kemungkinan jalur pipa yang krusial akan menyebabkan pipa mengalami tekanan. Ketika tegangan melebihi batas yang diizinkan yang ditetapkan menggunakan peraturan dari ASME B31.3, hal itu dikatakan berbahaya jika melewati batas izin tegangan aman. Beban yang terus-menerus menyebabkan defleksi pada pipa selain menimbulkan tegangan, sehingga pipa tersebut berisiko rusak. Metode penelitian yang digunakan Ansys software dan analisis manual penelitian untuk menentukan besar tegangan dan besar defleksi pada sistem pipa pelumas. Pembuatan desain berdasarkan diagram pipa yang diberikan oleh pihak galangan yang dianalisis. Kemudian melakukan variasi desain untuk mengoptimalkan desain dibawah batas izin tegangan dan batas maksimal defleksi. Desain sistem pelumasan mesin utama yang ditawarkan pertama sepanjang 38,52 meter dengan menggunakan 11 support. Tegangan yang dihasilkan sistem pelumasan mesin utama yang ditawarkan pertama sebesar 115,38 MPa dan untuk defleksi yang dihasilkan sebesar 0,341 mm. Adapun variasi desain pipa pelumasan mesin utama memiliki panjang 42,8 m dengan menggunakan 13 support. Tegangan yang dihasilkan sistem pelumasan mesin utama yang ditawarkan pertama sebesar 102,76 MPa dan untuk defleksi yang dihasilkan sebesar 0,287 mm. Sedangkan untuk sistem pelumasan mesin bantu yang ditawarkan pertama sepanjang 29,5 meter dengan menggunakan 9 support. Tegangan yang dihasilkan sistem pelumasan mesin mesin bantu sebesar 69,168 MPa, dan untuk defleksi yang dihasilkan sebesar 1,013 mm. Adapun variasi desain pipa pelumasan mesin bantu memiliki panjang 32,35 m dengan menggunakan 10 support. Tegangan yang dihasilkan variasi desain sistem pelumasan mesin bantu sebesar 68,913 MPa, dan untuk defleksi yang dihasilkan sebesar 0,47 mm.

Keyword : analisis tegangan, ansys software, maksimal defleksi, ASME B31.3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stress analysis, ansys software, maximum deflection, ASME B31.3.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:41
Last Modified: 07 Jul 2025 01:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46023

Actions (login required)

View Item
View Item