EVALUASI SISTEM BONGKAR MUAT KAPAL KAYU PENGANGKUT BARANG YANG ADA DI PELABUHAN PAOTERE MAKASSAR = EVALUATION OF THE LOADING AND UNLOADING SYSTEM FOR WOODEN VESSELS CARRIING GOODS IN PAOTTERE MAKASSAR PORT


MAULANA, RAHMAT AGUNG (2023) EVALUASI SISTEM BONGKAR MUAT KAPAL KAYU PENGANGKUT BARANG YANG ADA DI PELABUHAN PAOTERE MAKASSAR = EVALUATION OF THE LOADING AND UNLOADING SYSTEM FOR WOODEN VESSELS CARRIING GOODS IN PAOTTERE MAKASSAR PORT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091171312_skripsi_28-02-2024 cover1.png

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091171312_skripsi_28-02-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091171312_skripsi_28-02-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (642kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091171312_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penggunaan alat angkat yang aman dan efisien merupakan bagian penting di pelabuhan. Penggunaan alat angkat yang kurang efisien dan aman dapat menimbulkan beberapa permasalahan antara lain kerusakan kapal, kerusakan alat angkat, kecelakaan yang membahayakan keselamatan pekerja pelabuhan, dan keterlambatan bongkar muat yang menimbulkan biaya produksi. Kapal yang terbuat dari kayu yang dirancang khusus untuk mengangkut muatan disebut kapal barang kayu. Ukuran dan berat kapal barang kayu berkisar antara 5 GT hingga 100 GT. Pelabuhan Paotere sebagai salah satu pelabuhan yang strategis di wilayah Sulawesi Selatan memiliki peran yang sangat penting dalam distribusi barang dan pengembangan industri kapal. Oleh karena itu, perencanaan alat angkat kapal kayu barang di pelabuhan Paotere perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional kapal kayu barang di pelabuhan ini. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memungkinkan kapal barang kayu membawa lebih banyak muatan. Desain alat angkat ini akan mempertimbangkan elemen-elemen seperti pengurangan kebutuhan ruang, peningkatan daya angkat, dan kompatibilitas operasi maritim. Selain itu, masalah keamanan dan keselamatan akan dipertimbangkan. Memastikan alat angkat memenuhi kriteria kekuatan dan stabilitas yang diperlukan serta memiliki sistem keselamatan dapat membantu mengurangi kemungkinan kecelakaan. Dalam penelitian ini, permasalahan efisiensi pengangkutan muatan untuk kapal barang kayu diidentifikasi melalui pengumpulan literatur peraturan, desain alat angkat, dan pengumpulan informasi mengenai ukuran kapal, jenis muatan, berat, dan kapasitas crane. Perancangan komponen alat angkut kapal dan mengetahui alat angkat pada kemampuan crane KLM Alfan Kadar. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan keuntungan sekaligus meminimalkan jam kerja, perlu dilakukan minimalisasi biaya operasional kapal mengingat masih adanya inefisiensi bongkar muat kapal. Crane yang kini dipasang di kapal masih mengandalkan tenaga manusia, daya angkutnya terbatas, dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bongkar muat. Faktor-faktor tersebut dapat menghambat waktu produksi kapal dan menurunkan pendapatan pemilik sehingga pengoperasian kapal menjadi kurang ideal sehingga dapat dikatakan tidak berjalan secara optimal. Kemampuan angkat crane harus ditingkatkan menjadi 2 ton agar dapat beroperasi secara maksimal. Untuk melakukan ini, diameter tali yang sekarang 1,78 cm harus diubah menjadi 2,41 cm.. Kapasitas angkat 2 ton lebih efisien dari segi waktu bila kapasitas angkat 3 ton dan 2 ton kurang lebih sama dan memerlukan waktu pemuatan 2 hari kerja yaitu 17,78 jam kerja maupun pemilihan komponen crane yang ingin diganti.

Keyword : Crane, bongkar muat kapal, Kapal Kayu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crane, Demolition, Timber Ship.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 07 Jul 2025 00:23
Last Modified: 07 Jul 2025 00:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/46007

Actions (login required)

View Item
View Item