UTAMI, SAMSUARNI DEWI (2024) Pengaruh Bukaan Geladak FPSO Terhadap Kekuatan Membujur Kapal = Effect of Openings Deck on FPSO on The Longitudinal Strength of The Ship. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45956/1.hassmallThumbnailVersion/D081201004_skripsi_12-07-2024%20cover1.png)

D081201004_skripsi_12-07-2024 cover1.png
Download (162kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D081201004_skripsi_12-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (983kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D081201004_skripsi_12-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (760kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D081201004_skripsi_12-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 May 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Dalam perancangan dan pembuatan suatu kapal salah satu aspek terpenting yaitu perancangan strukturnya. Konstruksi kapal harus mampu menahan beban-beban yang bekerja pada kapal baik pada kondisi normal maupun ekstrem. Dalam perkembangan teknologi konstruksi kapal, desain dan material menjadi hal yang sangat dipertimbangkan oleh perusahaan galangan kapal dalam perancangan dan pembuatan kapal baru. Salah satunya yaitu kekuatan pada geladak kapal. Pada penelitian ini dilakukan analisa menggunakan metode NFLEA (Non Linear Finite Element Analysis) untuk mengetahui pengaruh bukaan pada geladak FPSO terhadap kekuatan membujurnya dengan memasukkan data profil FPSO pada aplikasi ANSYS. Secara konstruksi, kondisi model modifikasi pada penelitian ini merujuk kepada konversi kapal FPSO ke Bulk Carrier dan menjadikan hal terseut sebagai salah satu manfaat dari penelitian ini. Analisis dilakukan pada midship FPSO dengan bukaan geladak dan tanpa bukaan geladak saat kondisi hogging dan sagging dengan penambahan beban secara bertahap berdasar aturan yang berlaku untuk mendapatakan hasil analisis berupa kurva hubungan antara bending moment dengan curvature dan bentuk deformasi yang diakibatkan oleh beban yang bekerja pada struktur FPSO. Tegangan Izin yang digunakan pada objek penelitian ini yaitu kelas baja HS36 dengan tegangan luluh 355 N/mm2 memiliki tegangan izin sebesar 490 N/mm2. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kekuatan batas momen lentur vertikal FPSO dipengaruhi oleh bangunan atas kapal dalam hal ini bukaan geladak. Struktur kapal dengan bukaan geladak memiliki kekuatan struktur 0,50 dan 0,66 lebih kecil pada kondisi sagging dan hogging secara berturut-turut dibanding struktur kapal tanpa bukaan geladak.
Keyword : FPSO, geladak, kekuatan membujur, NLFEA, kekuatan batas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FPSO, deck, longitudinal strenght, NLFEA, ultimate strength. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:57 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:57 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45956 |