Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Reparasi Kapal Dengan Menggunakan Metode HIRARC Di PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar = Analysis of Work Accident Risks in the Ship Repair Process Using the HIRARC Method at PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar


NURALAMSYAH, NURALAMSYAH (2024) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proses Reparasi Kapal Dengan Menggunakan Metode HIRARC Di PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar = Analysis of Work Accident Risks in the Ship Repair Process Using the HIRARC Method at PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081181304_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081181304_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081181304_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081181304_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 May 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar merupakan perusahaan galangan kapal yang berada di kota Makassar. Perusahaan ini berkhusus hanya pada pekerjaan reparasi kapal. Dalam menjalankan perusahaan ini terdapat berbagai tantangan diantaranya, bagaimana mengelola dan mengurangi risiko yang ada dalam setiap kegiatan reparasi, hal ini dilakukan agar perusahaan dap at bersaing dalam hal kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan . Risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja sering terjadi karena program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya dimana hal ini dapat berdampak pada produktivitas pekerja pekerja. Kondisi aktifitas kerja yang terdapat di PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar memerlukan ada nya pengaplikasian suatu metode manajemen K3 untuk menekan terjadinya kecelakaan kerja dan kerugian yang disebabkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu metode HIRARC digunakan pada penelitian ini, HIRARC dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu indentifikasi bahaya atau Hazard Identification (HI), penilaian risiko atau Risk Assesment (RA), dan pengendalian risiko atau Risk Control (RC). Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahaya, risiko serta pengendalian risiko pada pekerjaan reparasi kapal. Dalam mengidentifikasi bahaya dan risiko metode yang digunakan adalah HIRARC (Hazard Identification, Risk Asessment And Risk Control). Untuk mengetahui nilai risiko maka harus menentukan tingkat kemungkinan suatu kejadian (Likelihood) dan tingkat keparahan yang di timbulkan (Severity). Setelah itu, digunakan tabel matriks untuk mengetahui peringkat risiko, dan pengendalian risiko. Berdasarkan hasil identifikasi bahaya dan penilaian risiko ditemukan bahwa terdapat 2 pekerjaan utama dengan 11 aktifitas maupun pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja pada saat reparasi kapal . Dari hasil identifikasi dan penilaian risiko maka didapatkan tingkat risiko high ada 22 , tingkat risiko medium ada 32 , dan tingkat risiko low ada 3 sehingga totalnya ada 57 Untuk pengendalian risiko terdapat tiga jenis pengendali yang bisa dilakukan yaitu, engineering control, administrative control, alat pelindung diri (APD).

Keyword : HIRARC, Kecelakaan Kerja, Potensi Bahaya Kerja, Reparasi Kapal, Tingkat Risiko Kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HIRARC, Occupational Risk Levels, Potential Occupational Hazards, Ship Repair, Work Accident.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:47
Last Modified: 03 Jul 2025 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45950

Actions (login required)

View Item
View Item