Tamsir, Muhammad Fadli (2024) Analisis Intensi Pembelian Konsumen Muda Terhadap Produk Halal Food Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) = Analysis of Young Consumers Purchase Intentions towards Halal Food Products Using the Theory of Planned Behavior (TPB). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45938/1.hassmallThumbnailVersion/D071191054_skripsi_04-04-2024%20cover1.png)

D071191054_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (148kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191054_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (757kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191054_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D071191054_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 May 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Persaingan dalam dunia industri terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia, satu diantaranya yaitu industri halal. Menurut data populasi muslim menghabiskan sekitar $2,2 Triliun untuk konsumsi produk halal yang diprediski akan terus meningkat. Di beberapa negara juga telah berkembang gaya hidup halal yang dijadikan sebagai pijakan di kehidupan modern ini, bukan hanya muslim tapi juga banyak diterapkan di negara mayoritas non muslim. Indonesia memiliki potensi industri halal yang sangat besar karena merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia selain itu juga telah terapkan kewajiban sertifikasi halal oleh Kementrian Agama yang tentunya memicu pertumbuhan bagi industri halal. Jika ditinjau dari berbagai sektor pada industri halal di Indonesia, produk makanan halal atau halal food merupakan sektor dengan potensi dan pasar terbesar untuk dikembangkan. Ditengah pertumbungan industri tentunya diperlukan peningkatan upaya dan strategi agar dapat bersaing pada industri ini, salah satunya dapat dilakukan dengan menganilisis perilaku konsumen dalam membuat kebijakan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen khususnya intensi pembelian konsumen muda terhadap halal food dengan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Secara spesifik untuk mengetahui pengaruh dari sikap terhadap halal food, norma subjektif, kontrol perilaku terhadap intensi pembelian halal food dengan kesadaran halal, religiusitas, sertifikasi halal, dan pemasaran halal sebagai intervening variable pada konsumen muda produk makanan halal. Penelitian ini Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 304 responden. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode partial least square structural equation modelling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa kesadaran halal, religiusitas, sertifikasi halal, dan pemasaran halal berpengaruh langsung kepada sikap terhadap halal food. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikap terhadap halal food, norma subjektif, dan kontrol perilaku berpengaruh langsung terhadap intensi pembelian halal food konsumen muda. Selain itu juga diketahui kesadaran halal, religiusitas, sertifikasi halal, dan pemasaran halal berpengaruh tidak langsung kepada intensi pembelian halal food melalui variabel sikap terhadap halal food. Dengan demikian bagi pelaku industri halal terkhusus produk makanan halal dapat membuat kebijakan usaha dengan meninjau variabel-variabel yang dapat mempengaruhi intensi pembelian konsumen terhadap produk makanan halal.
Keyword : Halal Food, Perilaku Konsumen, Theory of Planned Behavior (TPB), Kesadaran Halal, Religiusitas, Sertifikasi Halal, Pemasaran Halal, Sikap konsumen, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Intensi Pembelian Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Halal Food, Consumer Behavior, Theory of Planned Behavior (TPB), Halal Awareness, Religiosity, Halal Certification, Halal Marketing, Consumer Attitudes, Subjective Norms, Behavioral Control, Consumer Purchase Intention. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:37 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45938 |