Syah, Aisyah Syahrani (2024) Hubungan Tingkat Ansietas Terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin angkatan 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
C011201083_skripsi_29-02-2024 bab1-2.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of Cover]](/45883/2.hassmallThumbnailVersion/C011201083_skripsi_29-02-2024%20Cover1.jpg)

C011201083_skripsi_29-02-2024 Cover1.jpg
Download (239kB) | Preview
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
C011201083_skripsi_29-02-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
C011201083_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang : Ansietas merupakan respon psikofisiologis normal pada individu yang muncul secara tiba-tiba dan tidak mempunyai suatu objek bersifat spesifik. Gangguan emosional seperti ansietas termasuk dalam masalah psikologis yang sering dialami dan rentan terjadi pada mahasiswa kedokteran. Prevalensi gangguan emosional yang telah tercantum dalam data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018 bahwa penduduk Indonesia yang berusia 15 tahun keatas mencapai 9,8 % yang mengalami masalah gangguan emosional. Tuntutan akademik yang tinggi membuat mahasiswa memiliki perasaan takut dan gelisah sehingga cenderung lebih memprioritaskan waktu belajar dibandingkan waktu istirahat. Pada mahasiswa semester awal, tingkat ansietas relatif meningkat karena masih berada di fase beradaptasi antara sekolah menengah dan perguruan tinggi. Mahasiswa kedokteran memiliki tingkat ansietas yang berbeda-beda.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat ansietas terhadap prestasi akademik Prodi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2022.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 82 responden yang diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7) melalui google forms. Untuk mengetahui hubungan tingkat ansietas terhadap prestasi akademik Prodi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2022 dilakukan uji analisis yaitu uji Kruskal-Wallis dan uji Chi-Square.
Hasil : Berdasarkan gambaran karakteristik terdapat paling banyak terjadi pada usia 19 tahun (74,4%), berjenis kelamin perempuan (75,6%), dan minat masuk kedokteran terbanyak atas keinginan diri sendiri (79,3%). Berdasarkan hasil pengisian kuesioner Generalized Anxiety Disorder-7 (GAD-7) terdapat paling banyak 31 orang dari 82 mahasiswa (37,8%) yang mengalami ansietas minimal, 22 orang (26,8%) yang mengalami ansietas ringan, 21 orang (25,8%) yang mengalami ansietas sedang, dan 8 orang (9,8%) yang mengalami ansietas berat. Berdasarkan hasil indeks prestasi akademik terdapat paling banyak kategori amat baik (84,1%), lalu diikuti oleh kategori baik (12,2%), dan kategori cukup (3,7%). Berdasarkan analisis uji Kruskal-Wallis didapatkan dengan nilai Asymp Sig yaitu 0,130 (p> 0,05) dan hasil uji Chi-Square ditemukan dengan nilai 0,090 (p> 0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ansietas dan indeks prestasi akademik pada mahasiswa
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ansietas dan indeks prestasi akademik pada mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin angkatan 2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ansietas, Indeks Prestasi Akademik, Mahasiswa Kedokteran, GAD-7 |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:58 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:58 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45883 |