PERSEPSI SISWA TENTANG TUGAS PEMBUATAN VIDEO DALAM KELAS ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA: SEBUAH STUDI DI UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR


Larasati, Sita (2024) PERSEPSI SISWA TENTANG TUGAS PEMBUATAN VIDEO DALAM KELAS ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA: SEBUAH STUDI DI UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of F022221006_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg]
Preview
Image
F022221006_tesis_28-02-2024 Cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of F022221006_tesis_28-02-2024 Bab 1-2.pdf] Text
F022221006_tesis_28-02-2024 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F022221006_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf] Text
F022221006_tesis_28-02-2024 Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F022221006_tesis_28-02-2024.pdf] Text
F022221006_tesis_28-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SITA LARASATI. Persepsi Siswa tentang Tugas Pembuatan Video dalam Kelas English for Academic Purpose untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahaiswa: Sebuah Studi di Universitas Dipa Makassar (dibimbing oleh Abidin Pammu dan Nasmilah)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap persepsi siswa melalui penggunaan tugas pembuatan video untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, (2) mengungkap pengaruh tugas pembuatan video terhadap keterampilan speking siswa dan (3) menjelaskan hasilnya. penerapan tugas pembuatan video dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Penelitian ini menggunakan metode campuran sebagai desain penelitian, dengan penggunaan metode campuran mengeksplorasi penggunaan tugas pembuatan video dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester enam Universitas Dipa Makassar yang berjumlah 219 mahasiswa, dimana partisipan penelitian berjumlah 89 mahasiswa. Dalam proses pengumpulan data, beberapa instrumen digunakan seperti angket dan wawancara. Penelitian ini menganalisis data melalui tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas pembuatan video dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa menemui beberapa kesulitan seperti aspek motivasi siswa dalam tugas pembuatan video, perbedaan pengalaman siswa dalam mempersiapkan kursus, kesulitan siswa dalam pengucapan, dan kesulitan yang dihadapi. berpengaruh terhadap belajar mandiri dan koreksi diri siswa serta siswa memiliki persepsi positif terhadap tugas pembuatan video dalam meningkatkan keterampilan berbicaranya.

ABSTRACT

SITA LARASATI. Students’ Perception of Video-Making Task in English for Academic Purpose Class to Improve Students’ Speaking Skills: A Study at Dipa Makassar University (supervised by Abidin Pammu and Nasmilah)
This present study aims to (1) reveal students’ perceptions through the use of video-making tasks to improve students’ speaking skills, (2) disclose the effect of video-making tasks on students’ speaking skills and (3) explain the result of implemented video-making task in improving their speaking skills. This study employed a mixed method as a research design, with the use of mixed methods explored the use of video-making tasks in improving students’ speaking skills. This study involved the sixth-semester students of Dipa Makassar University, consisting of 219 students, of which the research participants were 89 students. In the process of collecting the data, several instruments were utilized such as questionnaires and interviews. This research analyzed the data through three phases, including data reduction, data display, and verification. The findings showed that the implementation of video-making tasks in improving students' speaking skills encountered several difficulties such as the aspects of students' motivation in video making-task, students' experience differences from preparing courses, students' difficulties in pronunciation, and the difficulties that are influential to students' self-study and self-correction and students have positive perceptions about video making-task in improving their speaking skills.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 03 Jul 2025 05:03
Last Modified: 03 Jul 2025 05:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45819

Actions (login required)

View Item
View Item