Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan Susu (Studi Kasus CV. Rumah Dangke di Kota Makassar) = Business Development Strategy for Processed Products Milk (Case Study of CV. Rumah Dangke in Makassar City)


LAHAMUDDIN, MUHAMMAD YUSUF (2024) Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan Susu (Studi Kasus CV. Rumah Dangke di Kota Makassar) = Business Development Strategy for Processed Products Milk (Case Study of CV. Rumah Dangke in Makassar City). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011201034_skripsi_11-10-2024 cover1.jpg

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011201034_skripsi_11-10-2024 bab 1-2 (FILEminimizer).pdf

Download (506kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011201034_skripsi_11-10-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011201034_skripsi_11-10-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (969kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Produk peternakan yang memiliki potensi pengembangan usaha yang besar karena berperan dalam pemenuhan gizi harian protein hewani ialah susu. Salah satu usaha produk olahan susu yang berada di Kota Makassar adalah CV. Rumah Dangke. Salah satu alat analisis strategi pengembangan usaha yang dapat digunakan yaitu analisis SWOT. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif strategi pengembangan usaha produk olahan susu CV. Rumah Dangke dengan menggunakan analisis SWOT. Metode. jenis penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu kuantitatif dan kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan yang mencakup observasi, wawancara, dan studi literatur. Data diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan bantuan matriks internal factor evaluation (IFE), eksternal (EFE), dan matriks SWOT. Hasil. Penelitian menunjukkan bahwa usaha produk olahan susu CV. Rumah Dangke berada pada kuadran 3 yaitu strategi turn oriented strategy dengan mendukung strategi weakness opportunities (WO). Pada posisi ini perusahaan menghadapi peluang besar, tetapi terdapat kendala kelemahan pada internal perusahaan. Kesimpulan. Strategi weakness opportunities (WO) yang dapat dilakukan usaha produk olahan susu CV. Rumah Dangke dengan memaksimalkan pejualan pada kegiatan akhir pekan, melengkapi dan memperbaiki sarana pada tempat usaha serta membuat inovasi produk yang disukai konsumen.

Kata kunci: Usaha Olahan Susu, Analisis SWOT, CV. Rumah Dangke

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dairy Processed Business, SWOT Analysis, CV. Rumah Dangke.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:22
Last Modified: 24 Apr 2025 02:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45804

Actions (login required)

View Item
View Item