Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Melalui Perceived Value dan Hospital Brand Image Di Rumah Sakit Unhas Makassar = The Influence Of Digital Marketing On Decision Making Through Perceived Value And Hospital Brand Image At Unhas Hospital Makassar


WULANDARI, ANDINI REZKI (2024) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Melalui Perceived Value dan Hospital Brand Image Di Rumah Sakit Unhas Makassar = The Influence Of Digital Marketing On Decision Making Through Perceived Value And Hospital Brand Image At Unhas Hospital Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022211035_tesis_07-10-2024 cover1.png

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K022211035_tesis_07-10-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (792kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022211035_tesis_07-10-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022211035_tesis_07-10-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK ANDINI REZKI WULANDARI, Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pengambilan Keputusan Melalui Perceived Value Dan Hospital Brand Image Di Rumah Sakit Unhas Makassar (dibimbing oleh Syahrir A. Pasinringi dan Indahwaty Sidin) Latar Belakang. Layanan kesehatan di era digital semakin bergantung pada strategi pemasaran digital untuk menarik dan mempertahankan pasien. Di tengah persaingan yang semakin ketat, rumah sakit perlu membangun citra merek yang kuat dan menciptakan nilai yang dirasakan oleh pasien melalui berbagai kanal digital. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Digital Marketing terhadap pengambilan keputusan pasien di Rumah Sakit UNHAS Makassar, dengan Hospital Brand Image dan Perceived Value sebagai variabel mediasi. Metode. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, data dikumpulkan dari pasien melalui kuesioner sebanyak 104 responden. Analisis data dilakukan menggunakan analisis pathway. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Marketing secara signifikan mempengaruhi Hospital Brand Image dengan nilai estimate sebesar 0.643 dan Perceived Value sebesar 0.678. Hospital Brand Image berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan nilai estimate 0.296, sedangkan Perceived Value memberikan pengaruh sebesar 0.289. Digital Marketing juga secara langsung mempengaruhi pengambilan keputusan dengan nilai estimate 0.333. Selain pengaruh langsung, terdapat pengaruh tidak langsung melalui Hospital Brand Image (estimate 0.190) dan Perceived Value (estimate 0.196). Kesimpulan.Temuan ini menegaskan bahwa strategi Digital Marketing yang kuat dapat memperkuat citra merek rumah sakit dan meningkatkan nilai yang dirasakan oleh pasien, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan mereka

Kata Kunci : Digital Marketing, Hospital Brand Image, Perceived Value, Pengambilan Keputusan Pasien

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Hospital Brand Image, Perceived Value, Patient Decision Making.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 04 Jul 2025 01:32
Last Modified: 04 Jul 2025 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45767

Actions (login required)

View Item
View Item