PERTANGGUNGJAWABAN PENERIMA TITIPAN BARANG PADA TOKO SWALAYAN DI MAKASSAR = RESPONSIBILITY OF THE RECIPIENT OF GOODS DEPOSIT AT THE SELF-SERVICE IN MAKASSAR


Jamal, Elva Kurnia (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PENERIMA TITIPAN BARANG PADA TOKO SWALAYAN DI MAKASSAR = RESPONSIBILITY OF THE RECIPIENT OF GOODS DEPOSIT AT THE SELF-SERVICE IN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011181407_skripsi_16-02-2024 Cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011181407_skripsi_16-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011181407_skripsi_16-02-2024 Dapus.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011181407_skripsi_16-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ELVA KURNIA JAMAL (B011181407), Dengan Judul Pertanggungjawaban Penerima Titipan Barang Pada Toko Swalayan Di Makassar, Dibimbing oleh Sakka Pati sebagai Pembimbing Utama dan Aulia Rifai sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban penerima titipan karena kerugian yang dialami oleh pemberi titipan serta bentuk ganti kerugian pemberi titipan terhadap kerugian yang dialami oleh pemberi titipan toko Swalayan di Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan menyebarkan kuesioner pada pengunjung toko ataupun Swalayan di Swalayan Sejahtera dan Top Mode Makassar dan melakukan wawancara terhadap penanggung jawab Swalayan Sejahtera dan Top Mode Makassar yang di analisis secara kualitatif kemudian dijelaskan secara deskriptif menggunakan peraturan perundang-undangan, buku-buku hukum dan lain-lain sebagainya yang terkait dengan penelitian ini.
Adapun hasil penelitian adalah 1) 1. Pertanggungjawaban penitipan barang pada toko swalayan jika terjadi kerugian dalam pelaksanaannya seperti kehilangan barang pemberi titipan (pengunjung) dan merupakan kelalaian dari pihak swalayan, maka akan dilakukan ganti kerugian sebagai bentuk tanggung jawab. Namun berbeda halnya jika kelalaian dilakukan oleh pemberi titipan (pengunjung), ganti kerugian tidak akan diberikan.2) Penerapan ganti kerugian pada perjanian penitipan barang Swalayan Sejahtera dan Top Mode Makassar memiliki perbedaan yakni pada prosedur ganti kerugian ketika terjadi kehilangan barang dan pihak yang bertanggung jawab dalam mengganti kerugian sedangkan persamaan keduanya terletak pada bentuk ganti kerugian berupa uang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penitipan Barang, Perjanjian, Swalayan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:00
Last Modified: 01 Jul 2025 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45689

Actions (login required)

View Item
View Item