Agafanthy, Annysa Nur (2024) PERILAKU KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS CHANNEL BTS DI WEVERSE (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL)= COMMUNICATION BEHAVIOR IN THE BTS CHANNEL COMMUNITY IN WEVERSE (VIRTUAL ETHNOGRAPHIC STUDY). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45656/2.hassmallThumbnailVersion/E022221018_tesis_29-07-2024%20cover1.jpg)

E022221018_tesis_29-07-2024 cover1.jpg
Download (157kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E022221018_tesis_29-07-2024 bab I-II.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
E022221018_tesis_29-07-2024 dapus.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
E022221018_tesis_29-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.
Download (11MB)
Abstract (Abstrak)
Di era digital, platform media sosial telah menjadi ruang penting bagi para penggemar untuk berinteraksi dengan idolanya. Weverse, sebuah platform yang melayani komunitas Saluran BTS (Bangtan Sonyeondan), menyediakan jalur unik untuk komunikasi langsung antara penggemar dan idola, menciptakan dinamika yang khas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembentukan perilaku komunikasi dalam komunitas BTS Channel di Weverse, dan diikuti dengan implikasinya. Pemahaman ini dapat memberikan wawasan mengenai hubungan antara penggemar dan idola melalui media sosial dan bagaimana komunikasi online mempengaruhi interaksi tersebut. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi dan analisis akun Weverse terhadap tujuh informan masyarakat, serta wawancara mendalam. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi etnografi virtual dan teknik analisis naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat kategori signifikan perilaku komunikasi komunitas yang dilakukan oleh komunitas BTS Channel melalui Weverse dalam komunikasi fan-idol dan komunikasi fans-to-fans. Perilaku tersebut antara lain berbagi pengalaman sehari-hari, mengungkapkan cinta dan perasaan, mendukung dan mendiskusikan karir BTS, berbagi konten dan berhubungan dengan BTS. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa implikasi komunikasi antara idola dan penggemar dapat dilihat melalui tiga aspek, yaitu kognitif, afektif, dan konatif.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | K-pop, Weverse, Komunitas Virtual, Interaksi penggemar-idola |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 05:47 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 05:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45656 |