Reskiwardina, Andi (2024) REPRESENTASI MASKULINITAS DAN PENERIMAAN VIEWER TERHADAP HYBRID MASCULINITY DALAM MUSIK VIDEO ENHYPEN SACRIFICE (EAT ME UP) PADA CHANNEL YOUTUBE HYBE LABELS = REPRESENTATION OF MASCULINITY AND VIEWER ACCEPTANCE OF HYBRID MASCULINITY IN THE MUSIC VIDEO ENHYPEN SACRIFICE (EAT ME UP) ON HYBE LABELS YOUTUBE CHANNEL. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45624/3.hassmallThumbnailVersion/E022221010_tesis_01-08-2024%20cover1.jpg)

E022221010_tesis_01-08-2024 cover1.jpg
Download (214kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E022221010_tesis_01-08-2024 bab I-II.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
E022221010_tesis_01-08-2024 dapus.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
E022221010_tesis_01-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Gelombang Korea atau Hallyu telah membawa banyak perubahan pada budaya, kebiasaan, persepsi dan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia melalui media sosial. Fenomena Kpop yang hadir sebagai grup idola berhasil menciptakan dan memperkenalkan bentuk maskulinitas baru yang dikenal dengan istilah maskulinitas hybrid. Maskulinitas hibrida mengacu pada penggabungan selektif laki-laki atas kinerja dan elemen identitas yang terkait dengan maskulinitas dan feminitas yang terpinggirkan dan tersubordinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk maskulinitas hybrid yang ada dalam video musik Enhypen Sacrifice (Eat Me Up) di channel youtube Hybe Labels dan bagaimana respon penonton terhadap maskulinitas hybrid tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk baru dari maskulinitas hybrid dalam video musik dilihat dari percampuran sifat maskulin dan feminin yang ditampilkan oleh para aktor dan latar belakang yang digunakan dalam video musik tersebut. Selain itu persepsi dari para penonton teradap konsep maskulinitas yang ada dalam musik video cukup beragam bergantung pada fakor-faktor seperti lingkungan, budaya, pendidikan dan pekerjaan para informan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gelombang budaya Korea, Youtube, Hybrid Masculinity. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:25 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45624 |