Irma, Irma (2023) ANALISIS BRAND EQUITY PRODUK BAKSO STUDI KASUS BAKSO SIXONE 77 DAN BAKSO MANGASA DI KOTA MAKASSAR = BRAND EQUITY ANALYSIS MEATBALL PRODUCTS CASE STUDY OF SIXONE 77 AND MANGASA MEATBALLS IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45553/1.hassmallThumbnailVersion/I012212021_tesis_04-04-2023%20cover1.jpg)

I012212021_tesis_04-04-2023 cover1.jpg
Download (227kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
I012212021_tesis_04-04-2023 bab 1-3.pdf
Download (500kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
I012212021_tesis_04-04-2023 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of I012212021_tesis_04-04-2023.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
I012212021_tesis_04-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 March 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
IRMA. Analisis Brand Equity Produk Bakso (Studi Kasus Bakso Sixone 77 dan Bakso Mangasa) Di Kota Makassar. Dibawah bimbingan Muh Ridwan selaku Pembimbing Utama dan Syahdar Baba selaku Pembimbing Anggota.
Brand equity sangat mempengaruhi daya saing dalam merebut pangsa pasar yang dapat meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis brand equity produk bakso (studi kasus bakso sixone 77 dan Mangasa) di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan studi pustaka. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang konsumen. Analisis data terdiri dari brand awareness menggunakan pengkategorian persentase, brand association menggunakan spearman brown, perceived quality menggunakan Importance Performance Analisis dan Customer Satisfaction Index, brand loyalty menggunakan piramida dengan pengukuran skala likert. Parameter yang diamati pada brand awareness (top of mind, brand recall, brand recognition, brand unaware), brand association, brand loyalty (commited buyer, liking the brand, satisfied buyer, habitual buyer, switcher). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand awareness Sixone 77 top of mind adalah 49%, brand recall Mangasa adalah 24%, brand recognition Mangasa 24%, brand unaware Sixone 77 adalah 5%. Brand association terdiri dari 6 asosiasi pada Sixone 77 (produk berkualitas premium tanpa Monosodium Glutamat, tampilan produk bulat, harga realtif mahal, persentase kandungan daging sesuai Standar Nasional Indonesia, banyak varian, kepuasan selera, produk baru digunakan konsumen) dan Mangasa 8 asosiasi (produk menggunakan Monosodium Glutamat dan Badan Pengawas Obat dan Makanan, tampilan produk variatif bulat dan kotak, kemasan produk mudah dikenali, harga terjangkau, persentase kandungan daging sesuai SNI satu varian, produk lama digunakan konsumen, produk mudah didapat dan outlet menyebar). Perceived quality Sixone 77 berada pada kategori very good adalah 86,68% dan Mangasa adalah 82,43%. Brand loyalty Sixone 77 commited buyer adalah 61% dan Mangasa adalah 18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan brand equity Sixone 77 dan Mangasa berada pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Brand Association, Brand Awareness, Brand Equity, Brand Loyalty, Perceived Quality |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:25 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45553 |