YULIANTARI, ANUGRAH (2024) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INGGRIS DI SMAN 7 ENREKANG = STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF TIKTOK APPLICATION AS AN ENGLISH LEARNING MEDIUM AT SMAN 7 ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45190/1.hassmallThumbnailVersion/F041201078_skripsi_04-04-2024%20cover1.png)

F041201078_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (165kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F041201078_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (494kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F041201078_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (309kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
F041201078_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.
Download (755kB)
Abstract (Abstrak)
Anugrah Yuliantari, 2024, Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Aplikasi TikTok sebagai Media Belajar Bahasa Inggris di SMAN 7 Enrekang (Dibimbing oleh Abidin Pammu dan Nasmilah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa dalam penggunaan aplikasi TikTok sebagai media untuk belajar Bahasa Inggris dan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan aplikasi TikTok sebagai media untuk belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menekankan pada peningkatan kemampuan siswa dalam Bahasa Inggris dalam hal penguasaan dasar-dasar Bahasa Inggris (kosa kata, tata bahasa, and terjemahan). Peneliti menggunakan metode kualitatif yang melibatkan dua kelas dari kelas XI sebanyak 44 siswa sebagai sampel dari 100 populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pre-test, treatment, post-test, dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 7 ENREKANG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siswa diberi pengajaran dengan menggunakan TikTok sebagai media untuk belajar Bahasa Inggris, kemampuan siswa dalam hal penguasaan dasar-dasar Bahasa Inggris (kosakata, tata bahasa, and terjemahan) menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase siswa sebanyak 25.10% dari rata-rata pre-test 59.27 menjadi 74.15 pada post-test. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan aplikasi TikTok sebagai media belajar Bahasa Inggris memiliki dampak positif terhadap kemampuan siswa dalam Bahasa Inggris.
Keyword : Persepsi, TikTok, Media Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, TikTok, Media Belajar. |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45190 |