NATSIR, MUH. RAYHAN RIZKY (2024) STRATEGI PERIKLANAN DINAS PARIWISATA KOTA MAKASSAR MELALUI INSTAGRAM @TOURISM_MAKASSAR = Advertising Strategy of Makassar City Tourism Office Through Instagram @Tourism_Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45181/1.hassmallThumbnailVersion/E021201099_skripsi_23-07-2024%20cover1.png)

E021201099_skripsi_23-07-2024 cover1.png
Download (175kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201099_skripsi_23-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (573kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201099_skripsi_23-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201099_skripsi_23-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 14 March 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini berfokus pada strategi periklanan Dinas Pariwisata Kota Makassar melalui platform Instagram @Tourism_Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi periklanan Dinas Pariwisata Kota Makassar melalui Instagram dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap pariwisata di Kota Makassar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data yang dilakukan melalui wawancara dan analisis isi. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 responden yang terdiri dari wisatawan domestik dan internasional yang telah mengunjungi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi periklanan Dinas Pariwisata Kota Makassar melalui Instagram @Tourism_Makassar efektif dalam meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap pariwisata di Kota Makassar. Strategi ini juga menunjukkan bahwa penggunaan hashtag dan tag yang tepat serta konten yang relevan dapat meningkatkan engagement dan kesadaran masyarakat terhadap pariwisata di Kota Makassar selain itu juga menunjukkan penerapan strategi periklanan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata pada Instagram @tourism_makassar dapat dilihat dari berbagai konten yang memuat aspek sebagaimana teori The Facest Model Of Effectyang memuat preception, cognitive, emotion, persuasion, associations/ transformation dan behavior. Adapun kendala dari penggunaan Instagram sebagai media dalam mempromosikan pariwisata kota Makassar yaitu terkendala oleh keterbatasan waktu untuk persiapan konten, keterlambatan posting, dan menunggukonten untuk di approve. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi periklanan Dinas Pariwisata Kota Makassar melalui Instagram @Tourism_Makassar dapat menjadi salah satu alternatif efektif dalam meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap pariwisata di Kota Makassar. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Kota Makassar disarankan untuk terus meningkatkan strategi periklanan melalui Instagram Tourism_Makassar dengan menggunakan hashtag dan tag yang tepat serta konten yang relevan.
Keyword : Strategi Periklanan, Promosi, Instagram, Dinas Pariwisata, Konten Promosi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising Strategy, Promotion, Instagram, Departement of Tourism, Promotional Content. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 05:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 05:15 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45181 |