ILFI, MUHAMMAD SURYA (2024) ANALISIS AKTIVITAS KOMUNIKASI BIDANG PELAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI APLIKASI SP4N-LAPOR! DINAS KOMINFO-SP TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN PANGKEP = ANALYSIS OF COMMUNICATION ACTIVITIES IN PUBLIC INFORMATION SERVICES THROUGH THE SP4N-LAPOR! APPLICATION BY THE COMMUNICATION AND INFORMATION SERVICE DEPARTMENT OF PANGKEP REGENCY TOWARDS THE COMMUNITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45165/1.hassmallThumbnailVersion/E021201031_skripsi_14-09-2024%20cover1.png)

E021201031_skripsi_14-09-2024 cover1.png
Download (315kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201031_skripsi_14-09-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201031_skripsi_14-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (820kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E021201031_skripsi_14-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
MUHAMMAD SURYA ILFI. Analisis Aktivitas Komunikasi Bidang Pelayanan Informasi Publik Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! Dinas KOMINFO-SP Terhadap Aduan Masyarakat Kabupaten Pangkep. (Dibimbing oleh Muhammad Farid, Sudirman Karnay dan Nosakros Arya). Latar Belakang, E-Government merupakan bentuk pemerintahan berbasis elektronik yang ditetapkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, Aplikasi SP4N-LAPOR! adalah salah satu penerapannya dan sudah tersebar di berbagai daerah termasuk Kabupaten Pangkep. Namun penerapannya belum maksimal dan masih memiliki beberapa masalah yang masih perlu penanganan Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Aktivitas Komunikasi Dinas KOMINFO-SP pada bidang Pelayanan Informasi Publik menggunakan Aplikasi SP4N-LAPOR! terhadap Aduan Masyarakat di Kabupaten Pangkep; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat aktivitas Komunikasi Dinas KOMINFO-SP melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! terhadap Aduan Masyarakat di Kabupaten Pangkep. Metode Penelitian dilakukan dengan metode Kualitatif yang yang peneliti berpartisipasi langsung ke dalam dengan Responden dari Penelitian ini dilakukan melalui teknik Purposive Sampling berdasarkan kepada bagaimana hirarki dalam Dinas KOMINFO-SP yang berkaitan dengan Penelitian. Tipe Penelitian merupakan tipe Eksplanatif. Data Primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam, Observasi paritispatif, dan Dokumentasi langsung ke Dinas KOMINFO-SP yang berkaitan dengan penelitian. Data yang dikumpulkan kemudian dilakukan olah dan dimasukkan ke dalam bentuk narasi eksplanatif dengan poin-poin analisa yang dilakukan secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Komunikasi Bidang Pelayanan Informasi Publik Dinas KOMINFO-SP! Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! terhadap aduan masyarakat belum mencapai proses yang diharapkan, namun sudah cukup baik dalam pelaksanaan alurnya. Faktor yang menghambat Aktivitas Komunikasi ini adalah adanya Mutasi Dinas, kurangnya sosialisasi dan masih belum ada daerah yang tidak terkena E-Government. Namun faktor-faktor ini masih dapat diminimalisir dan Dinas KOMINFO-SP terus berusaha agar pelayanan dapat menyebar merata sehingga dapat mencapai harapan dalam memenuhi Aduan Masyarakat. Kesimpulan penelitian Aplikasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten Pangkep telah diterapkan dan bisa bekerja di beberapa daerah namun masih belum memiliki peran yang kuat dan belum mencapai target yang diinginkan.
Keyword : E-Government; Aplikasi; SP4N-LAPOR!; Dinas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Government; Aplikasi; SP4N-LAPOR!; Dinas. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 00:42 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 00:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45165 |