NUGROHO, REYHAN ARIF (2024) KESULITAN MAHASISWA ANGKATAN 2022 DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEKS MEMBACA (阅读) PADA HANYU SHUIPING KAOSHI (汉语水平考试) LEVEL III = Difficulty students class of 2022 in solving reading text questions (阅读) at Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/45063/1.hassmallThumbnailVersion/F091201005_skripsi_14-05-2024%20cover1.png)

F091201005_skripsi_14-05-2024 cover1.png
Download (561kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
F091201005_skripsi_14-05-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (672kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
F091201005_skripsi_14-05-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
F091201005_skripsi_14-05-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 10 March 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
REYHAN ARIF NUGROHO. Kesulitan mahasiswa angkatan 2022 dalam menyelesaikan soal teks membaca (阅读) pada Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III (Dibimbing oleh Dian Sari Unga Waru dan Fakhriawan Fathu Rahman). Latar Belakang. Banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan yang berstandarkan Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III. Tujuan. Penelitian ini bertujuan yakni untuk menemukan kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami soal teks membaca (阅读) pada Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III dan faktor penyebab mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami soal teks membaca (阅读) pada Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dibagai menjadi dua tahap yaitu melaksanakan tes membaca Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III bagian membaca dan dilanjut dengan mewawancarai mahasiswa terkait kesulitan dalam memahami teks membaca pada soal soal teks membaca (阅读) pada Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III. Hasil. Berdasarkan Hasil analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami soal teks membaca (阅读) pada Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III, kesulitan banyak terjadi pada soal membaca bagian pertama dan kedua. Mahasiswa banyak melakukan kesalahan dalam menghubungkan kalimat dan mengisi kalimat rumpang. Kesalahan ini terjadi disebabkan mahasiswa tidak memahami kalimat yang ada pada soal. Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan mahasiswa dalam memahami teks membaca (阅读) pada Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III yaitu 1) Kesulitan dalam memahami kosakata dan hanzi, 2) Kesulitan dalam memahami kosakata tanpa adanya pinyin, 3) Kesalahan dalam mengartikan kosakata, 4) Kesulitan dalam memahami pola kalimat, 5) Kesulitan dalam menghubungkan kalimat, 6) Kesulitan dalam memahami grammar. Kesulitan tersebut disebabkan oleh 1)Kondisi fisik mahasiswa yang kurang baik, 2) Kurangnya minat mahasiswa dalam membaca teks bahasa mandarin yang disebabkan oleh kurangnya persiapan mahasiswa sebelum mengikuti ujian , 3) Terdapat tekanan yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan soal, 4) Lingkungan sekitar mahasiswa yang tidak mendukung.
Kata kunci: Kesulitan, teks membaca (阅读), Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty, reading text (阅读), Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试) Level III. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:12 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45063 |