STRATEGI MANAJEMEN BISNIS TERHADAP SUSTAINABILTY PERFORMANCE PADA KLINIK KECANTIKAN (Studi Kasus Feryal Clinic di Kota Makassar) : TRATEGIC BUSINESS MANAGEMENT TOWARD SUSTAINABILITY PERFORMANCE IN BEAUTY CLINIC (Case study at Feryal Clinic in Makassar City)


Priyono Rusbihantoro, Eko (2024) STRATEGI MANAJEMEN BISNIS TERHADAP SUSTAINABILTY PERFORMANCE PADA KLINIK KECANTIKAN (Studi Kasus Feryal Clinic di Kota Makassar) : TRATEGIC BUSINESS MANAGEMENT TOWARD SUSTAINABILITY PERFORMANCE IN BEAUTY CLINIC (Case study at Feryal Clinic in Makassar City). Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222132_tesis_16-01-2025 cover1.jpg

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222132_tesis_16-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222132_tesis_16-01-2025 dp.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222132_tesis_16-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Bisnis kecantikan terus mengalami perkembangan yang positif di Indonesia. Data menunjukkan pendapatan bidang kecantikan dan perawatan diri mengalami trend positif dari tahun ke tahun. Hal ini
berimplikasi pada semakin banyaknya klinik kecantikan di Kota Makassar yang tentu saja menjadikan iklim persaingan semakin kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis faktor-faktor kritis baik dari internal maupun eksternal feryal clinic, 2) menganalisis strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi feryal clinic dan 3) menghasilkan strategi bisnis sustainabilitiy performance bagi feryal clinic. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan case study serta alat analisis yang digunakan adalah SWOT analysis, Segmentation, Targettingdan Positioning (STP) serta Marketing Mix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi faktor internal yang menjadi kekuatan terbesar dari feryal clinic adalah faktor promosi yang efektif di sosial media sedangkan dari segi kelemahan yaitu beberapa fasilitas pendukung belum tersedia. Selanjutnya dari faktor eksternal, yang menjadi peluang yang dapat dimaksimalkan adalah pertumbuhan penduduk di Kota Makassar yang cukup positif
sedangkan ancaman adalah perubahan selera konsumen. Berdasarkan perhitungan analisis SWOT, feryal clinic berada pada kuadran II yang berarti menghadapi berbagai ancaman, feryal clinic masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi produk dan jasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, SWOT, Kecantikan, Sustainability, Performance
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 06 Mar 2025 05:38
Last Modified: 06 Mar 2025 05:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/45025

Actions (login required)

View Item
View Item