KAJIAN PERMINTAAN BUS KELAS EKSEKUTIF DI SULAWESI SELATAN


Islam, Akhmad Khaerul (2025) KAJIAN PERMINTAAN BUS KELAS EKSEKUTIF DI SULAWESI SELATAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of A032222002_tesis_09-12-2024 bab 1-2.pdf] Text
A032222002_tesis_09-12-2024 bab 1-2.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of A032222002_tesis_09-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
A032222002_tesis_09-12-2024 cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of A032222002_tesis_09-12-2024 dp.pdf] Text
A032222002_tesis_09-12-2024 dp.pdf

Download (647kB)
[thumbnail of A032222002_tesis_09-12-2024.pdf] Text
A032222002_tesis_09-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan bus kelas eksekutif di Sulawesi Selatan. Penelitian ini berfokus pada tiga variabel utama, yaitu harga atau tarif, pendapatan, dan harga barang atau jasa sejenis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan penumpang bus eksekutif di terminal dan kantor perwakilan bus di Kota Makassar. Teknik pengumpulan data meliputi survei lapangan, wawancara mendalam, analisis dokumen, dan pengamatan langsung. Hasil penelitian menunjukkan biaya/tarif memiliki pengaruh signifikan terhadap permintaan bus eksekutif dengan nilai Pearson Chi-Square sebesar 20.718 dan p- value 0.014, menunjukkan bahwa pengguna menganggap tarif yang lebih tinggi sebagai indikator kualitas. Pendapatan pengguna juga berpengaruh signifikan dengan nilai Pearson Chi-Square 25.811 dan p-value 0.002, di mana peningkatan pendapatan memungkinkan pengguna memilih layanan yang lebih nyaman. Selain itu, harga barang atau jasa sejenis menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai Pearson Chi-Square 26.056 dan p-value 0.002, mendorong pengguna untuk beralih ke bus eksekutif ketika harga alternatif meningkat. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis pada bidang ekonomi transportasi dan perilaku pengguna, serta memberikan implikasi praktis bagi pengambil keputusan dan pengelola layanan transportasi. Penelitian ini menyarankan pengembangan kebijakan tarif yang mempertimbangkan persepsi kualitas, perencanaan layanan berdasarkan pendapatan, dan strategi pemasaran yang fokus pada peningkatan atribut layanan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas penumpang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 27 May 2025 05:37
Last Modified: 27 May 2025 05:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44981

Actions (login required)

View Item
View Item