Strategi Pengembangan Usaha Penggilingan Padi (Studi Kasus CV. Coppo Benteng di Kabupaten Soppeng) = Rice Milling Business Development Strategy (Case Study of CV. Coppo Benteng in Soppeng Regency)


RIFDAH, WINDA (2024) Strategi Pengembangan Usaha Penggilingan Padi (Studi Kasus CV. Coppo Benteng di Kabupaten Soppeng) = Rice Milling Business Development Strategy (Case Study of CV. Coppo Benteng in Soppeng Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191066_skripsi_14-06-2024 cover1.png

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191066_skripsi_14-06-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (450kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191066_skripsi_14-06-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191066_skripsi_14-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

WINDA RIFDAH. Strategi Pengembangan Usaha Penggilingan Padi (Studi Kasus CV. Coppo Benteng di Kabupaten Soppeng) (dibimbing oleh Sitti Bulkis dan Achmad Amiruddin). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan usaha dan mengetahui beberapa alternatif strategi pengembangan yang dapat digunakan perusahaan penggilingan padi CV. Coppo Benteng. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Pada penelitian ini menggunakan 3 informan yang terdiri dari wakil direktur perusahaan, manager produksi dan pemasaran, dan admin perusahaan penggilingan padi CV. Coppo Benteng. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 8 faktor strategi internal meliputi 5 faktor internal kekuatan dan 3 faktor internal kelemahan, serta 5 faktor strategi eksternal meliputi 3 faktor eksternal peluang dan 2 faktor eksternal ancaman. Strategi pengembangan yang diterapkan adalah 1) Memaksimalkan penjualan dan pendistribusian, 2) Memanfaatkan sumber daya manusia yang terampil, 3) Mempertahankan kualitas produk agar menjaga kepercayaan konsumen, 4) Memanfaatkan kualitas produk untuk bersaing dengan pesaing yang terus bertambah, 5) Memperbaiki pengelolaan manajemen dengan membentuk struktur organisasi untuk setiap karyawan bekerja pada divisi masing-masing agar lebih maksimal, 6) Memperbanyak kerjasama dengan mitra untuk mengantisipasi keterbatasan modal, 7) Memanfaatkan media sosial sebagai media promosi yang informatif mengenai keunggulan Usaha CV. Coppo agar dapat menarik minat konsumen.

Keyword : Strategi Bisnis, Analisis SWOT, Faktor Internal, Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Business Strategy, SWOT Analysis, Internal Factors, External Factors.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:00
Last Modified: 06 Mar 2025 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44966

Actions (login required)

View Item
View Item