Rusli, Siti Widianingrum Maharani (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BUAH DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR = THE INFLUENTIAL FACTORS ON CONSUMER PURCHASE INTENTION IN PURCHASING FRUITS WITH THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR APPROACH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/44937/1.hassmallThumbnailVersion/G021191023_skripsi_19-06-2024%20cover1.png)

G021191023_skripsi_19-06-2024 cover1.png
Download (351kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
G021191023_skripsi_19-06-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
G021191023_skripsi_19-06-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
G021191023_skripsi_19-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Pola hidup masyarakat Kota Makassar, dewasa ini telah mengarah ke pola hidup sehat. Hal ini dilihat dari meningkatnya transaksi jual-beli buah-buahan, terutama sejak adanya pandemi Covid-19. Kementerian Kesehatan Indonesia pun semakin gencar dalam mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi buah di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merujuk pada konsep Theory of Planned Behavior yang menyatakan bahwa minat beli konsumen terhadap barang dan/atau jasa dipengaruhi oleh sikap, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku. TPB digunakan karena dinilai sangat sesuai dalam menjelaskan minat individu untuk melakukan suatu perilaku tertentu. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat beli masyarakat Kota Makassar dalam pembelian buah- buahan dengan menggunakan Theory of Planned Behavior. Metode. Penelitian ini dilakukan di pasar tradisional dan Supermarket modern, yaitu di Gelael Supermarket, Hero Supermarket, Pasar Niaga Daya, dan Pasar Terong pada bulan Oktober - November 2023 dengan jumlah responden sebanyak 72 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Structural Equatio Modelling – Partial Least Square (SEM–PLS) dengan bantuan aplikasi WarpPLS 5.0. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian buah dengan nilai koefisien sebesar 0.28 dan nilai p<0.01. Variabel norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian buah dengan nilai koefisien sebesar 0.59 dan nilai p<0.01. Variabel persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian buah dengan nilai koefisien sebesar 0.24 dan nilai p=0.04. Kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli buah-buahan di Kota Makassar.
Keyword : Buah, Minat Beli, SEM-PLS, Theory of Planned Behaviour.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fruits, Purchase Intention, SEM-PLS, Theory of Planned Behaviour. |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:27 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:27 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44937 |