Sabaniah, Hani (2025) Strategi Pengembangan Bisnis Pupuk Organik Melalui Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada UD.Nisyam Gantara Desa Pekaloa, Kabupaten Luwu Timur). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of G021201005_skripsi_17-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201005_skripsi_17-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (753kB)
![[thumbnail of G021201005_skripsi_17-10-2024 cover1.jpg]](/44914/2.hassmallThumbnailVersion/G021201005_skripsi_17-10-2024%20cover1.jpg)

G021201005_skripsi_17-10-2024 cover1.jpg
Download (280kB) | Preview
![[thumbnail of G021201005_skripsi_17-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201005_skripsi_17-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of G021201005_skripsi_17-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
G021201005_skripsi_17-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. UD Nisyam Gantara merupakan salah satu Perusahaan agroindustri. Perusahaaan ini berdiri pada tanggal 11 Oktober 2016 yang didirikan oleh Syamsul Jafar yang berlokasi di Dusun Bisaka, Desa Pekaloa, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur. Pengembangan usaha yang efektif memerlukan penerapan strategi yang tepat, dan salah satu alat yang dapat digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). BMC membantu perusahaan dalam merumuskan strategi dengan menganalisis sembilan elemen kunci dari model bisnisnya. Dengan memahami dan mengelola sembilan elemen ini secara terintegrasi, perusahaan dapat merumuskan strategi yang komprehensif untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Tujuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui model bisnis usaha UD Nisyam Gantara saat ini menggunakan pendekatan BMC (Business Model Canvas dan merumuskan strategi dan program perbaikan yang dapat dilakukan dari hasil penyempurnaan BMC. Metode. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Juni hingga bulan Juli 2024 di Kecamatan Towuti, Desa Pekaloa, Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pemilik usaha sebagai informan. Hasil. Hasil menunjukkan BMC UD. Nisyam Gantara saat ini masih belum maksimal untuk menghasilkan strategi pengembangan bisnis maka dari itu dilakukannya transformasi BMC dengan melihat analisis sumberdaya dan kinerja perusahaan, yang menekankan elemen channels, key resources, dan value proposition.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:05 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:05 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44914 |