FUNGSI PENGAWASAN DPRD TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) DI KABUPATEN MAROS


RAHMA, SITI NUR (2008) FUNGSI PENGAWASAN DPRD TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) DI KABUPATEN MAROS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
sitinurrah-262-1-ps0278 cover.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
sitinurrah-262-1-ps0278 1-2.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
sitinurrah-262-1-ps0278.pdf

Download (259kB)

Abstract (Abstrak)

SITI NUR RAHMA, PO 90 4206 016. Fungsi Pengawasan DPRD Terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) di Kabupaten Maros, dibawah bimbingan Syamsul Bachri dan Guntur Hamzah.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Maros dengan sasaran pihakpihak yang berkompeten dalam Fungsi Pengawasan DPRD Terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah sebagai tahap awal mewujudkan optimalisasi pelaksanaan fungsi pegawasan DPRD terhadap APBD. Kabupaten Maros dianggap cukup representatif untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini.
Tujuan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mengkaji fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap peneglolaan Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah yang digunakan instansi teknis daerah di Kabupaten Maros serta mengetahui faktor-faktor yang berperan terhadap fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Kabupaten Maros.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang digunakan instansi teknis daerah di Kabupaten Maros belum Optimal hal ini diakibatkan adanya Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Kabupaten Maros yaitu faktor intern antara lain Kualitas Sumber daya manusia dan independensi anggota DPRD sedangkan faktor eksternal adalah Partisipasi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 May 2021 05:11
Last Modified: 20 May 2021 05:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item
View Item