Eva, Afriyani Lauddin (2025) Pengaruh Pengalaman Pasien Gigi dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Gigi Puskesmas Mangasa Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of K052221004_tesis_16-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
K052221004_tesis_16-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of K052221004_tesis_16-10-2024 cover1.jpg]](/44894/2.hassmallThumbnailVersion/K052221004_tesis_16-10-2024%20cover1.jpg)

K052221004_tesis_16-10-2024 cover1.jpg
Download (334kB) | Preview
![[thumbnail of K052221004_tesis_16-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
K052221004_tesis_16-10-2024 dp.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of K052221004_tesis_16-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
K052221004_tesis_16-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.
Download (11MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Ukuran kualitas pelayanan tidak hanya ditentukan oleh kepuasan pasien, tetapi juga ditentukan oleh pengalaman menerima perawatan gigi dan mulut di puskesmas. Melalui pengalaman pasien dapat menilai sejauh mana mereka menerima pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman pasien gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Mangasa, Makassar. Metode. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, dengan mengumpulkan data melalui instrumen kuesioner, responden diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling, diperoleh sampel sebanyak 294 orang. Hasil. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh antara Komunikasi. Menghargai dan bermartabat, Dukungan Emosional, Kenyamanan Lingkungan, dan Informasi Pemulangan terhadap kepuasan pasien. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan adalah variabel komunikasi yang efektif (exp β = 12,356). Kesimpulan Pasien di klinik kedokteran gigi Puskesmas Mangasa Makassar merasa lebih puas dengan interaksi mereka dengan penyedia layanan kesehatan dan kemudahan dalam memperoleh informasi. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif berdampak pada kepuasan pasien. Klinik kedokteran gigi di Puskesmas Mangasa di Makassar mengalami korelasi positif antara kepuasan pasien dengan rasa hormat dan bermartabat (respect and dignity). Hal ini disebabkan oleh perhatian staf terhadap kebutuhan pasien dan komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai mereka. Dukungan emosional berdampak pada kepuasan pasien di klinik gigi Puskesmas Mangasa Makassar. Pasien merasa puas dengan empati dan perhatian yang mereka terima, serta ikatan emosional yang mereka kembangkan dengan penyedia layanan, yang mendorong mereka untuk menerima perawatan gigi secara teratur. Di klinik gigi Puskesmas Mangasa Makassar, kepuasan pasien dipengaruhi oleh Kenyamanan Lingkungan karena sebagian besar pasien merasa aman dan nyaman, fasilitas dan peralatan yang dinilai lengkap, lingkungan yang teratur, dan suasana yang menyenangkan. Kepuasan pasien di klinik gigi Puskesmas Mangasa Makassar dipengaruhi oleh informasi yang diberikan kepada pasien sebelum pasien keluar dari ruangan (discharge information), karena informasi tersebut dianggap cepat, akurat, dan tepat dalam mengungkapkan masalah status klinis. Bahasa yang mudah dipahami digunakan untuk menginformasikan dan menjelaskan berbagai hal kepada pasien dan keluarganya. Komunikasi yang efektif merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien dari kelima karakteristik pengalaman pasien gigi dan mulut.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 26 May 2025 06:08 |
Last Modified: | 26 May 2025 06:08 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44894 |