Nur, Izlammiyah Alim (2025) PENGUKURAN KESUKSESAN APLKIKASI DANA BERDASARKAN D&M MODEL DAN EUCS (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of H071201029_skripsi_16-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
H071201029_skripsi_16-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of H071201029_skripsi_16-10-2024 cover1.jpg]](/44861/2.hassmallThumbnailVersion/H071201029_skripsi_16-10-2024%20cover1.jpg)

H071201029_skripsi_16-10-2024 cover1.jpg
Download (294kB) | Preview
![[thumbnail of H071201029_skripsi_16-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
H071201029_skripsi_16-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of H071201029_skripsi_16-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
H071201029_skripsi_16-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang. DANA merupakan salah satu e-wallet populer di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan, menunjukkan minat tinggi masyarakat, salah satunya dari generasi Z. Namun, masih banyak keluhan yang muncul saat pengguna melakukan transaksi dengan DANA. Selain itu, survei InsightAsia menemukan bahwa kepuasan pengguna DANA (75%) lebih rendah daripada Gopay (84%) dan ShopeePay (80%). Ketidakpuasan ini berpotensi mengurangi loyalitas pengguna terhadap layanan DANA. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesuksesan aplikasi DANA dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode. Penelitian ini menggunakan D&M Model dan EUCS dengan 10 variabel. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin yang menggunakan aplikasi DANA, dengan sampel 150 responden. Analisis data dilakukan dengan pendekatan PLS-SEM menggunakan software SmartPLS. Hasil. Tingkat kepuasan pengguna berada pada kategori ‘Puas’ dengan skor rata-rata sebesar 3,97. Dari 9 hipotesis yang diuji, terdapat 7 hipotesis yang diterima yang menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan aplikasi DANA adalah System Quality, Information Quality, Service Quality, Accuracy, Ease of Use, Timeliness, User Satisfaction, dan Net Benefit. Terdapat 2 hipotesis yang ditolak, yaitu Content dan Format yang belum menunjukkan pengaruh signifikan terhadap User Satisfaction dalam penelitian ini. Kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aplikasi DANA dikalangan mahasiswa Universitas Hasanuddin dinyatakan sukses, terlihat dari tingkat kepuasan pengguna yang tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi DANA mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Pengembang aplikasi DANA dapat mempertahankan variabel-variabel yang memiliki pengaruh signifikan serta mengoptimalkan dan mengembangkan lebih lanjut variabel yang belum menunjukkan pengaruh signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 21 May 2025 00:41 |
Last Modified: | 21 May 2025 00:41 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44861 |