Hubungan Kompetensi Komunikasi Tour Leader PT.Al-Bayan Permata Ujas Dengan Kepuasan Jamaah Umrah periode 1445 H


Dusra, Erna (2024) Hubungan Kompetensi Komunikasi Tour Leader PT.Al-Bayan Permata Ujas Dengan Kepuasan Jamaah Umrah periode 1445 H. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E022221019_tesis_17-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
E022221019_tesis_17-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of E022221019_tesis_17-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E022221019_tesis_17-10-2024 cover1.jpg

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of E022221019_tesis_17-10-2024 dp.pdf] Text
E022221019_tesis_17-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E022221019_tesis_17-10-2024.pdf] Text
E022221019_tesis_17-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan biro Perjalanan umrah dan haji khusus tentunya harus didukung oleh sumber daya tour leader yang berkompeten dalam melayani jamaah. kompetensi yang dimiliki tour leader dalam penelitian ini yakni kompetensi komunikasi meliputi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan motivasi (motivasion) yang menjadi faktor penentu keberhasilan pelayanan yang berdampak pada kepuasan jamaah. Kepuasan bisa berupa apresiasi rasa bahagia, loyalitas terhadap travel dan merekomendasikan travel.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi komunikasi tour leader PT.Al-Bayan Permata Ujas dengan kepuasan jamaah umrah periode 1445 H. pendekatan penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah berupa data primer. Populasi penelitian yaitu jamaah umrah periode 1445 Hijriah pada grup pemberangkatan 2 oktober 2023, 20 november 2023, 18 februari 2024 dan 28 februari 2024 yang berjumlah 728 jamaah dengan sampel penelitian sebanyak 258 jamaah .Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis chi-square (X²) yang digunakan untuk menguji hipotesis. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk menguji butir pertanyaan dan konsistensinya.Hasil penelitian yang diperoleh pada uji chi-square (X²) menunjukan bahwa F hitung = 228,970 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 karena probabilitasnya jauh lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, keterampilan dan motivasi secara simultan berhubungan dengan kepuasan jamaah umrah, sehingga teridentifikasi bahwa ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel kepuasan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kompetensi komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 08 Apr 2025 04:13
Last Modified: 08 Apr 2025 04:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44829

Actions (login required)

View Item
View Item