Wahyu, Karunia Galib (2025) Evaluasi Inovasi Pelayanan Perparkiran Melalui Terminal Parkir Elektronik di Kota Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of E062222007_tesis_16-10-2024 cover1.jpg]](/44763/1.hassmallThumbnailVersion/E062222007_tesis_16-10-2024%20cover1.jpg)

E062222007_tesis_16-10-2024 cover1.jpg
Download (237kB) | Preview
![[thumbnail of E062222007_tesis_16-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E062222007_tesis_16-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E062222007_tesis_16-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E062222007_tesis_16-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E062222007_tesis_16-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E062222007_tesis_16-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi inovasi pelayanan perparkiran melalui Terminal Parkir Elektronik. Metode penelitian yang dingunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpukan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang dingunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang dingunakan adalah pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Fokus penelitian ini mengkaji konsep inovasi dari Everett M. Rogers (Rogers, 1983) yang terdiri dari keuntungan relatif, kesesuain, kerumitan, kemungkinan dicoba, kemudahan diamati dan konsep dari (Peet & Watts, 2004) yakni keberlanjutan ekonomi.
Hasil penelitian menunjukkan diharapkan dengan adanya Terminal Parkir Elektronik ini dapat memberikan pendapatan yang signifikan tetapi pada kenyataannya, pendapatan yang terrealisasi sangat jauh dari dari target yang ditetapkan. Tarif progressif Terminal Parkir Elektronik tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat kota makassar, secara teknis penggunaan Terminal Parkir Elektronik rumit karena pengopoerasionalnya membutuhkan waktu dan tingkat kerumitan yang berubah dari parkir konvensional yang menyebabkan juru parkir belum terbiasa sehingga beberapa juru parkir masih mengeluhkan penggunaan Terminal Parkir Elektronik ini, dan selama Terminal Parkir Elektronik dicoba hingga alat ini sudah tidak beroperasi lagi, kendala terbesar yang terjadi karena sumberdaya manusia baik dari masyarakat dan pengguna parkir yang belum mengetahui dan memahami prosedur penggunaan Terminal Parkir Elektronik. Hal ini mengakibatkan pada tahun 2022 PD Parkir Makassar memutus kontrak kerja sama dengan PT Kinarya sehingga alat ini sudah tidak beroperasi lagi sampai sekarang. Dari segi inovasi, Terminal Parkir Elektronik merupakan program pilot project yang tidak serius diimplementasikan sehingga inovasinya sudah tidak ada lagi.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 15 May 2025 05:07 |
Last Modified: | 15 May 2025 05:07 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44763 |