Ameilya B., Putri Rezky (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA APLIKASI GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN HURUF DAN ANGKA PADA ANAK DOWN SYNDROME (STUDI KASUS : SLB SWASTA TUNAS HARAPAN MEKONGGA) = USER INTERFACE DESIGN WITH USER CENTERED DESIGN (UCD) APPROACH ON EDUCATIONAL GAME APPLICATION FOR LETTER AND NUMBERS RECOGNITION IN CHILDREN WITH DOWN SYNDROME (CASE STUDY: SLB SWASTA TUNAS HARAPAN MEKONGGA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/44688/2.hassmallThumbnailVersion/H071201078_skripsi_16-07-2024%20cover1.png)

H071201078_skripsi_16-07-2024 cover1.png
Download (492kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
H071201078_skripsi_16-07-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
H071201078_skripsi_16-07-2024 dp.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Fulltext]](/style/images/fileicons/text.png)
H071201078_skripsi_16-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2027.
Download (8MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang. Perkembangan teknologi penting bagi kehidupan, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti down syndrome. Meskipun menghadapi tantangan intelektual, mereka dapat mengembangkan kemampuan membaca dan berhitung. Metode pembelajaran tradisional sering kurang efektif, sehingga game edukasi di platform Android menjadi alternatif menarik dan efektif. Tujuan. Penelitian ini bertujuan merancang user interface (UI) game edukasi dengan pendekatan user centered design (UCD) untuk pengenalan huruf dan angka pada anak down syndrome, serta mengevaluasi efektivitas UI tersebut menggunakan heuristic evaluation. Metode. Penelitian menggunakan metode UCD dalam perancangan UI dan evaluasi melalui heuristic evaluation. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UI yang dirancang sesuai kebutuhan pengguna akhir, memastikan pengalaman bermain dan belajar yang optimal, efektif, dan menyenangkan bagi anak down syndrome. Evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 91,78%, berada pada skala "Sangat Menarik" atau "No Problem". Indikator Visibility of system status mendapat skor tertinggi, yaitu 98,6%, menunjukkan bahwa desain layout aplikasi nyaman dengan kontras warna yang sesuai dan posisi tepat. FGD menunjukkan bahwa petunjuk yang jelas, umpan balik, dan fitur motivasi diperlukan untuk mengurangi kebingungan dan meningkatkan motivasi belajar. Kesimpulannya. perancangan UI game edukasi untuk anak down syndrome dengan metode UCD dan evaluasi heuristic evaluation menghasilkan UI yang efektif, efisien, dan menarik, dengan tingkat kepuasan pengguna sebesar 91,78%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Down Syndrome, Focus Group Discussion, Game Edukasi, Heuristic Evaluation, User Centered Design, User Interface. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 05:38 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 05:38 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44688 |