ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN BASIS NASABAH PT. BANK SULSELBAR CABANG SYARIAH MAKASSAR


Rante, Asry (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN BASIS NASABAH PT. BANK SULSELBAR CABANG SYARIAH MAKASSAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of A012222119_tesis_21-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
A012222119_tesis_21-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of A012222119_tesis_21-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
A012222119_tesis_21-10-2024 cover1.jpg

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of A012222119_tesis_21-10-2024 dp.pdf] Text
A012222119_tesis_21-10-2024 dp.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of A012222119_tesis_21-10-2024.pdf] Text
A012222119_tesis_21-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 October 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Basis Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis SWOT, penelitian ini mengevaluasi kekuatan internal, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Bank Sulselbar, Uji QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Five Forces Porter. Berdasarkan hasil analisis Five Forces Porter menunjukkan bahwa PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar beroperasi dalam lingkungan industri yang kompetitif dengan kekuatan negosiasi yang signifikan dari pembeli. Meskipun memiliki tantangan dalam menghadapi pesaing dan perubahan pasar, bank ini dapat memanfaatkan keunggulan kompetitifnya melalui diferensiasi produk, fokus pada kualitas layanan, dan membangun hubungan yang kuat dengan nasabah. Kemudian Hasil uji SWOT peneltian ini memperoleh 20 alternatif strategi dan berdasarkan uji OSPM menghasilkan 3 strategi prioritas yaitu Pemanfaatan Reputasi yang Kuat untuk Pertumbuhan Industri Keuangan Syariah, Pengembangan Program Edukasi Masyarakat dan Inovasi Produk dan Layanan untuk Menangkal Perubahan Preferensi Konsumen.

ABSTRACT
Analisis Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Basis Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar
Asry Rante
Prof. Dr. Sumardi, SE., M.Si Andi Aswan, SE., MBA., M.Phil, DBA
The purpose of this study is to Analyze Service Marketing Strategy in Increasing Customer Base of PT. Bank Sulselbar, Makassar Syariah Branch. This type of research is qualitative research, the analytical method used in this study is the SWOT analysis method, this study evaluates the internal strengths, weaknesses, opportunities, and threats faced by PT. Bank Sulselbar, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Test and Five Forces Porter. Based on the results of the Five Forces Porter analysis, it shows that PT. Bank Sulselbar, Makassar Syariah Branch operates in a competitive industrial environment with significant negotiating power from buyers. Despite the challenges of facing competitors and market changes, this bank can take advantage of its competitive advantage through product differentiation, focusing on service quality, and building strong relationships with customers. Then the results of the SWOT test of this study obtained 20 alternative strategies and based on the QSPM test produced 3 priority strategies, namely Utilizing a Strong Reputation for the Growth of the Islamic Financial Industry, Developing Community Education Programs and Product and Service Innovation to Counteract Changes in Consumer Preferences.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 09 May 2025 02:00
Last Modified: 09 May 2025 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44658

Actions (login required)

View Item
View Item