Pattirajawana Hs, Andi Fitra (2025) PENGGUNAAN OMEGLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA DEPARTEMEN SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS HASANUDDIN ANGKATAN 2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of F041191047_skripsi_22-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
F041191047_skripsi_22-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of F041191047_skripsi_22-01-2025 cover1.jpg]](/44578/2.hassmallThumbnailVersion/F041191047_skripsi_22-01-2025%20cover1.jpg)

F041191047_skripsi_22-01-2025 cover1.jpg
Download (221kB) | Preview
![[thumbnail of F041191047_skripsi_22-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
F041191047_skripsi_22-01-2025 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of F041191047_skripsi_22-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
F041191047_skripsi_22-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini meneliti pemanfaatan Omegle dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Hasanuddin, Angkatan 2021. Karena bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing di Indonesia, siswa sering menghadapi tantangan dalam mencapai kemahiran, terutama dalam berbicara. Studi ini bertujuan untuk menentukan efektivitas Omegle, platform online gratis yang memfasilitasi obrolan video dengan orang asing, dalam menyediakan lingkungan yang interaktif dan praktis untuk latihan bahasa.
Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara dengan 30 mahasiswa yang mengisi kuesioner dan 7 mahasiswa yang berhasil diwawancarai. Temuan mengungkapkan bahwa mahasiswa yang secara rutin menggunakan Omegle untuk latihan berbicara menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara mereka. Kemampuan platform untuk menghubungkan pengguna dengan penutur asli bahasa Inggris menawarkan kesempatan unik untuk interaksi waktu nyata, umpan balik langsung, dan pengembangan kosakata. Selain itu, anonimitas yang diberikan oleh Omegle membantu mengurangi ketakutan membuat kesalahan, sehingga meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa.
Studi ini menyimpulkan bahwa Omegle adalah alat yang berharga untuk meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan untuk memasukkan platform online interaktif tersebut ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa untuk melengkapi pengajaran kelas tradisional dan memberi siswa lebih banyak kesempatan untuk penggunaan bahasa praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:00 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44578 |