ALDAMA, REDITA SALSABILA (2024) ANALISIS STRATEGI KOMERSIALISASI PRODUK INOVATIF (Studi Kasus pada Alat Bantu Tangkap Mata Magnet Ikan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/44465/1.hassmallThumbnailVersion/A021201080_skripsi_27-06-2024%20cover1.png)

A021201080_skripsi_27-06-2024 cover1.png
Download (176kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A021201080_skripsi_27-06-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
A021201080_skripsi_27-06-2024 dp.pdf
Download (329kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
A021201080_skripsi_27-06-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komersialisasi alat bantu tangkap inovatif, yaitu Mata Magnet Ikan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis strategis menggunakan TAM SAM SOM dan Business Model Canvas (BMC). Data yang digunakan berasal dari wawancara dengan inventor dan pengembang Mata Magnet Ikan serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan, serta data sekunder dari berbagai literatur. Analisis data dilakukan sebelum dan setelah pengumpulan data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan potensi pasar produk ini mencapai 2.925.818 nelayan di Indonesia, dengan 957.121 nelayan sebagai target pasar. BMC menunjukkan keunggulan pada value proposition, saluran distribusi, dan hubungan pelanggan. Strategi komersialisasi yang direkomendasikan meliputi kerjasama dengan pemerintah (DKP Sulawesi Selatan), pendaftaran hak paten, Triple Helix Strategy, dan High-Tech Market. Dukungan dari pemerintah, bisnis mikro, dan strategi pemasaran yang efektif diharapkan dapat membantu Mata Magnet Ikan memasuki pasar dengan sukses dan memberikan manfaat bagi nelayan dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komersialisasi, Produk inovatif, Analisis TAM SAM SOM, Business Model Canvas (BMC) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 07:57 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 07:57 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44465 |