PENGELOLAAN PELAYANAN DI TERMINAL TIPE A INDUK LUMPUE KOTA PARE-PARE = SERVICE MANAGEMENT IN THE TYPE A TERMINAL OF LUMPUE MAIN PARE-PARE CITY


Alfayed Hasyim, Muh. Ibnu (2024) PENGELOLAAN PELAYANAN DI TERMINAL TIPE A INDUK LUMPUE KOTA PARE-PARE = SERVICE MANAGEMENT IN THE TYPE A TERMINAL OF LUMPUE MAIN PARE-PARE CITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of E051191075_skripsi_31-12-2024 bab1-2.pdf] Text
E051191075_skripsi_31-12-2024 bab1-2.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of E051191075_skripsi_31-12-2024 cover1.png]
Preview
Image
E051191075_skripsi_31-12-2024 cover1.png

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of E051191075_skripsi_31-12-2024 dp.pdf] Text
E051191075_skripsi_31-12-2024 dp.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of E051191075_skripsi_31-12-2024.pdf] Text
E051191075_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Terminal Tipe A Induk Lumpue yang dimana dibawah nanungan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulawesi Selatan yang terletak di Jalan Mardin Kasim, Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, dikenal sebagai terminal bus utama di Kota Pare-pare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pelayanan di Terminal Tipe A Induk Lumpue yang dapat memenuhi kebutuhan angkutan umum masyarakat kota Pare-pare dan sekitarnya. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor- faktor yang mendukung dan menghambar pengelolaan pelayanan di terminal.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan analisis dokumen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat penting dalam mendukung pengelolaan pelayanan di terminal, namun masih terdapat kendala yang dihadapi di terminal yaitu adanya terminal bayangan yang mempengaruhi keaktifan terminal, jadwal kedatangan dan keberangkatan yang tidak tepat waktu, banyaknya perusahaan otobus yang tidak masuk kedalam terminal, keterbatasan anggaran, dan kesadaran masyarakat sehingga pengelolaan pelayanan di terminal tidak optimal dalam
pelaksanaannya.

Penelitian ini menyarankan agar kiranya pemerintah khususnya Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulawesi Selatan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan lebih meningkatkan pengawasan agar masalah-masalah yang ada di Terminal Tipe A Induk Lumpue dapat terselesaikan, peningkatan kapasitas sumber daya, alokasi dana yang memadai untuk tata kelola terminal, pengauatan koordinasi antar lembaga serta sosialisasi terhadap masyarakat mengingat bahwa terminal memiliki peran penting dalam pelayanan publik untuk masyarakat pengguna
transportasi umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pelayanan, Terminal Tipe A Induk Lumpue, Masyarakat, Transportasi Umum.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 02 May 2025 06:04
Last Modified: 02 May 2025 06:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44369

Actions (login required)

View Item
View Item