PENGARUH CONFORMITY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN SELF ESTEEM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR = the influence of conformity on consumer behaviour with self-esteem as the moderation variable on students in Makassar City


MAULIDIANTI, ANNISA NUR (2024) PENGARUH CONFORMITY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN SELF ESTEEM SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR = the influence of conformity on consumer behaviour with self-esteem as the moderation variable on students in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C021191007_skripsi_19-03-2024 cover1.png

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C021191007_skripsi_19-03-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (392kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021191007_skripsi_19-03-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021191007_skripsi_19-03-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 February 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Annisa Nur Maulidianti, C021191007, Pengaruh Conformity terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Esteem sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa di Kota Makassar, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Program Studi Psikologi, 2024. xvi + 63 halaman, 25 lampiran Conformity merupakan suatu perubahan perilaku individu untuk terlihat sama dengan individu yang berada dalam kelompoknya. Fenomena conformity seringkali muncul pada generasi z di Indonesia, khususnya di kota Makassar. Salah satu bentuk conformity adalah fenomena perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh conformity terhadap perilaku konsumtif dengan self esteem sebagai variabel moderasi pada Mahasiswa di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 60 orang yang merupakan Generasi Z, khusus Mahasiswa di Kota Makassar yang diambil menggunaan teknik nonprobability sampling, yakni purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Independen T-test dan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan conformity terhadap perilaku konsumtif. Kemudian, tidak terdapat pengaruh conformity terhadap perilaku konsumtif ditinjau dari jumlah tekanan kelompok. Terakhir, tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel moderasi self esteem dalam hubungan conformity dan perilaku konsumtif. Kata Kunci : Conformity, Perilaku Konsumtif, Self Esteem, Generasi Z, Mahasiswa, Perilaku Konsumen, Psikologi Industri dan Organisasi Daftar Pustaka, 45 (1956-2022)

Keyword : Conformity, Perilaku Konsumtif, Self Esteem, Generasi Z, Mahasiswa, Perilaku Konsumen, Psikologi Industri dan Organisasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Conformity, Consumptive Behavior, Self Esteem, Generation Z, Students, Consumer Behaviour, Industrial and Organizational Psychology.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:59
Last Modified: 10 Apr 2025 06:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44248

Actions (login required)

View Item
View Item