Kamaruddin, Rezky Munirah (2024) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID KELAS ALBERT EINSTEIN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH UMMUSSHABRI KENDARI = INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERNS OF TEACHERS AND STUDENTS OF ALBERT EINSTEIN'S CLASS AT MADRASAH IBTIDAIYYAH UMMUSSHABRI KENDARI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of E022222013_tesis_15-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222013_tesis_15-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E022222013_tesis_15-10-2024 cover1.jpg]](/44230/2.hassmallThumbnailVersion/E022222013_tesis_15-10-2024%20cover1.jpg)

E022222013_tesis_15-10-2024 cover1.jpg
Download (239kB) | Preview
![[thumbnail of E022222013_tesis_15-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222013_tesis_15-10-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E022222013_tesis_15-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E022222013_tesis_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman dalam kemampuan terhadap pola komunikasi interpersonal guru dan murid yang terjadi dalam pendidikan bagi murid khususnya pada anak berkebutuhan khusus dan speech delay, dengan memberikan interaksi sesuai dengan penangan tiap murid dalam perkembangan komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis bentuk pesan komunikasi interpersonal guru pada murid kelas Albert Einstein di Madrasah Ibtidaiyyah Ummusshabri Kendari, (2) menganalisis pola komunikasi interpersonal guru pada murid kelas Albert Einstein di Madrasah Ibtidaiyyah Ummusshabri Kendari, (3) menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam berkomunikasi pada murid di kelas Albert Einstein di Madrasah Ibtidaiyyah Ummusshabri Kendari. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Studi Fenomologi. Tekhnik Pengumpulan Data melalui wawancara mendalam, pengklasifikasian data, dan dokumentasi pada informan sebanyak 10 guru BK dan orangtua murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk pesan komunikasi interpersonal yang guru gunakan komunikasi verbal seperti pengulangan kata, penyesuaian tingkat kesulitan bahasa, serta komunikasi non-verbal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan tangan. (2) Pola Komunikasi Interpersonal menunjukkan respon yang diberikan oleh murid sering kali lambat ataupun pasif, yang menyebabkan pola sirkular tidak sepenuhnya terwujud, (3) faktor penghambat dalam berkomunikasi guru dan murid yakni komunikan, lingkungan, dan komunikator, sedangkan Faktor pendukung yakni Instrument, sharing rekan kerja, dukungan keluarga, pemberian reward.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Interpersonal, guru, speech delay, Penetrasi Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:12 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:12 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44230 |