ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR STOPBLOK PADA DOK SLIPWAY = Strength Analysis of Stop Block Structures on Slipway Docks


Zahraani, Dhiyaa Auliaa (2024) ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR STOPBLOK PADA DOK SLIPWAY = Strength Analysis of Stop Block Structures on Slipway Docks. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D031201037_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
D031201037_skripsi_15-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D031201037_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
D031201037_skripsi_15-10-2024 cover1.jpg

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of D031201037_skripsi_15-10-2024 dp.pdf] Text
D031201037_skripsi_15-10-2024 dp.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of D031201037_skripsi_15-10-2024.pdf] Text
D031201037_skripsi_15-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

DHIYAA AULIAA ZAHRAANI. Analisis Kekuatan Struktur Stopblok Pada Dok Slipway. (Dibimbing oleh Ganding Sitepu).
Slipway adalah sarana penting untuk reparasi kapal yang terdiri dari rel, cradle, dan shifter yang ditarik oleh mesin derek untuk menaikkan dan menurunkan kapal. Seiring berjalannya waktu, struktur pada stopblok H-beam slipway cenderung mengalami deformasi alami akibat penuaan material serta pemakaian dan penggunaan yang berulang. Akibat dari hal tersebut kapal dapat jatuh dari posisi dudukannya. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui tegangan maksimal yang dapat diterima oleh stopblok agar tidak terjadi deformasi. Penelitian ini menggunakan metode yang di mulai dari pemodelan, perhitungan beban dan analisis kekuatan menggunakan software ANSYS. Tegangan geser, tegangan normal, dan tegangan von-Mises menurun seiring dengan pergantian massa kapal yang diberikan pada korosi dengan ketidaklurusan rel. Pada korosi 2,4 mm dan ketidaklurusan 1 mm dengan massa kapal 1500 ton, tegangan geser sebesar 35,209 N/mm2, tegangan normal 87,722 N/mm2, tegangan von-mises 192,96 N/mm2, kemudian untuk variasi massa yang di berikan adalah pengurangan massa kapal dengan rentan 150 dari massa awal, sehingga untuk tegangan yang di dapat konstan menurun. Dari analisis diatas didapatkan bahwa tegangan konstan naik jika massa kapal bertambah berat kondisi korosi 2,4 mm dengan ketidaklurusan 1 mm. Berdasarkan data diatas hanya tegangan normal saja yang tidak melebihi batas tegangan izin dan dari grafik dapat dilihat bahwa konstruksi stopblok dan cradle hanya mampu menahan massa kapal kurang dari sama dengan 900 ton saat kondisi korosi 2,4 mm dan ketidaklurusan 1 mm. Sehingga pada objek penelitian ini tidak bisa mengalami ketidaklurusan walaupun 1 mm dikarenakan kapal dapat jatuh dari dudukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: slipway, cradle, stopblok, rel, korosi, ketidaklurusan, konstruksi.
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:04
Last Modified: 24 Apr 2025 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44217

Actions (login required)

View Item
View Item