Musdayani, Musdayani (2024) Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 21 Makassar = EVALUATION OF THE CHILD-FRIENDLY SCHOOL PROGRAM AT SMA NEGERI 21 MAKASSAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of E011201073_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201073_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E011201073_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg]](/44216/2.hassmallThumbnailVersion/E011201073_skripsi_31-12-2024%20cover1.jpg)

E011201073_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg
Download (206kB) | Preview
![[thumbnail of E011201073_skripsi_31-12-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201073_skripsi_31-12-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of E011201073_skripsi_31-12-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201073_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 21 Makassar. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi kebijakan program yang dikemukan oleh William N. Dunn (2003) yang menyatakan bahwa terdapat tiga tahapan evaluasi yaitu, efisiensi (efficiency), responsivitas (responsiveness), dan Kecukupan (adequacy). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, wawancara, observasi, dan telaah dokumen (dokumentasi). Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) SMA Negeri 21 Makassar mencapai tujuan program sekolah ramah anak dengan efisiensi (efficiency). Sekolah tersebut memanfaatkan sumber daya (waktu, tenaga, dan biaya) yang tersedia dengan baik untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. (2) Responsivitas (responsiveness) di SMA Negeri 21 Makassar masih kurang optimal, dikarenakan masih ada beberapa siswa yang merasa kurang puas dengan program ini. (3) Kecukupan (adequacy) di SMA Negeri 21 Makassar sudah sesuai dengan kebutuhan, nilai dan kesempatan siswa. Selain memenuhi kebutuahan siswa program ini juga menciptakan lingkungan yang ramah, aman, dan inklusif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Sekolah Ramah Anak, SMA Negeri 21 Makassar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:19 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:19 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/44216 |